Definisi Agama (2)

       Mungkin orang berbeda pendapat tentang definisi agama” tetapi yang kita bicarakan di sini ialah agama atau religion terjemahan DIIN yang istilahnya banyak terkandung dalam Alquran. Diin atau agama adalah "hukum dan pengabdian" yang setiap orang melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Demikian pula Komunis, Atheis, Nihilis, dan sebagainya.
       Setiap kelompok manusia, baik yang sedikit jumlahnya maupun yang banyak, senantiasa melaksanakan hukum dan pengabdian. ✔ Hukum yaitu peraturan tentang sesuatu dengan penjelasan dan sanksinya, sementara ✔ pengabdian ialah pengamalan dan penghayatan anggota kelompok manusia pada hukum tadi. Maka hukum dan pengabdian itulah yang dimaksud dengan DIIN atau AGAMA tercantum dalam Alquran, selamatlah mereka yang beragama Islam, dan rugilah mereka yang beragama lain.
قَدْ خَلَتْ مِن قَبْلِكُمْ سُنَنٌ فَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُكَذِّبِينَ ﴿١٣٧
3:137. Sungguh telah berlalu ketentuan-ketentuan sebelum kamu, berjalanlah di Bumi lalu perhatikanlah betapa akibat orang-orang pendusta.
هَـٰذَا بَيَانٌ لِّلنَّاسِ وَهُدًى وَمَوْعِظَةٌ لِّلْمُتَّقِينَ ﴿١٣٨
3:138. Ini adalah bukti untuk manusia serta petunjuk dan pelajaran bagi orang-orang insaf.
وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَنتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ ﴿١٣٩
3:139. Janganlah merasa lemah dan jangan duka cita, kamu lebih tinggi jika kamu beriman.
فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفًا ۚ فِطْرَتَ اللَّهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا ۚ لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللَّهِ ۚ ذَ‌ٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ وَلَـٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ ﴿٣٠
30:30. Dirikanlah wajahmu untuk agama itu sesempurnanya, susunan ALLAH yang menyusun manusia atasnya. Tiada perubahan bagi ciptaan ALLAH. Itulah agamu kukuh, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.
مُنِيبِينَ إِلَيْهِ وَاتَّقُوهُ وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَلَا تَكُونُوا مِنَ الْمُشْرِكِينَ ﴿٣١
30:31. Kembali kepada-NYA dan insaflah pada-NYA. Dirikanlah Shalat dan jangan termasuk orong-orang musyrik.
       Hanya Islamlah agama kukuh, logis ilmiah, berkelanjutan, dapat dijelaskan kebenaran segala aspek hukumnya, bukan menurut ketentuan para Rasul dan bukan menurut keterangan para penganutnya, tetapi atas ketetapan ALLAH yang menciptakan mengatur semua benda dunia kini.
       Jika orang mendapatkan kelompok Islam masih rendah dalam peradaban dibanding dengan capaian masyarakat kafir pada abad tertentu hendaklah orang itu tidak segera berpaling, tetapi periksalah dulu keadaan kelompok itu dengan seksama. Benarkah hukum Islam telah berlaku di sana? Benarkah manusia dalam kelompok itu menganut agama Islam? Bukankah mereka terdiri dari orang-orang dungu pengikut agama tradisi yang bukan bersumberkan Alquran? Atau bukankah mereka orang-orang munafik opportunis tanpa pendirian? Tiada satu dalil pun, dan tiada satu alasan pun bagi manusia ramai untuk merendahkan Islam di antara berbagai agama lain di dunia baik dalam bidang sejarah, materi dan hukum, apalagi dalam aspek logika dan sains. Jadi, kesimpulan masalah ini bahwa Islam adalah agama komplit, lengkap sempurna susunan ALLAH pencipta segalanya, sementara Muslimin adalah kelompok penganut Islam yang ke-sadaran dan kepatuhannya sangat variabel. 

Lihat artikel lain :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...