Dr. Muhaimin, M.A.

Resume Buku
ARAH BARU PENDIDIKAN ISLAM
BAB I
WAWASAN PENGEMBANGAN
PENDIDIKAN ISLAM
A. Pola Pengembangan Pendidikan Islam (Suatu Kajian Historis)
Masalah perkembangan aktivitas kependidikan Islam di Indonesia pada dasarnya sudah berlangsung sejak sebelum Indonesia merdeka hingga sekarang dan hingga yang akan datang. Hal ini dapat dilihat dari fenomena tumbuh kembangnya program dan praktik pendidikan Islam yang dilaksanakan di nusantara. Buchori (1989) memetakan struktur internal pendidikan Islam Indonesia, jika ditilik dari aspek program dan praktik pendidikannya kedalam 4 (empat) jenis, yaitu: (1) pendidikan pondok pesantren (2) pendidikan Madrasah (3) pendidikan umum yang bernafaskan Islam dan (4) pelajaran agama Islam yang diselenggarkan oleh lembaga-lembaga pendidikan umum sebagai suatu mata pelajaran atau mata kuliah saja. Penulis menambahkan dengan (5) pendidikan Islam dalam keluarga atau di tempat-tempat ibadah, dan/atau di forum-forum kajian keislaman, majelis ta’lim dan institusi-institusi lainnya yang sekarang sedang digalakkan oleh masyarakat. Jenis kelima tersebut biasa disebut dengan pendidikan Islam luar sekolah (pendidikan Islam nonformal).Kelima jenis pendidikan tersebut pada dasarnya bermuara pada satu pengertian yang utuh, bahwa yang dimaksud pendidikan Islam ialah pendidikan yang didirikan dan diselenggarakan atas dasar hasrat, motifasi, niat (rencana yang sungguh-sungguh) dan semangat untuk memanifestasikan dan mengejawantahkan nilai-nilai Islam, yang diwujudkan dalam visi, misi, tujuan maupun program pendidikan dan pelaksanaannya sebagaimana tercakup dalam lima program dan praktik pendidikan Islam tersebut diatas.

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...