PEMIKIRAN FILOSOFIS MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM



BAB I
PENDAHULUAN

Dalam kehidupan berkeluarga, berorganisasi, bermasyarakat, dan bernegara, manejemen merupakan upaya yang sanagt penting untuk mencapai tujuan bersana. Pendidikan yang slah satu faktor penting dalam kehidupan manusia sudah semestinya mendapat perhatian penting dalam hal manejemennya. Pendidikan yang baik merupakan tolok ukur bagi sebuah bangsa tau negara dalam hal kemajuan yang di capai tidak terkecuali dalam Islam.[1]
Pendidikan dalam Islam sudah semestinya dikelola dan di manage dengan sebaik-baiknya. Manajemen pendidikan Islam merupakan salah satu cara untuk meningktkan kualitas kehidupan umat dari keterbelakangan baik secra moral., materi, dan spiritual.[2]Dalam Islam, manajemen adalah hal yang sanagt penting. Hal ini tampak dalam ungkapan bijak’
sesuatu yang haq yang tidak di organisir terkadang dikalahkan oleh sesuatu yang batil yang terorganisir”
Makalah ini akn membahas tentang pemikiran filosofis tentang manejemen dalam pendidikan Islam . makalah ini di tulis sebagai pengantar diskusi dalam perkuliahan Pasca Sarjana STAIN Tulungagung.


BAB II
PEMBAHASAN

A.   Pengertin Manajemen dalam Pendidikan Islam
Kata manajemen berasal dari bahasa Inggris dari kata kerja “to manage” yang sinonimnya antara lain; “to hand’ berarti mengurus, “to control” berarti memeriksa, “to guide” berarti memimpin. Dalam kamus istilah populer, kata manajemen mempunyai arti pengelolaan usaha, kepengurusan, ketatalaksanaan, penggunaan sumberdaya secara efektif untuk mencapai sasaran yang di inginkan direksi.[3]
Sedangkan manajemen pendidikan[4] adalah aktifitas memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah di tentukan. Manajemen pendidikan merupakan suatu sisem pengelolaan dan penataan sumber daya pendidikan, seperti tenaga kependidikan,peserta didik, masyaakat, kurikulum, dana, sarana dan prasarana pendidikan, tata laksana, dan lingkungan. Pendapat yang lain manajemen pendidikan di rumuskan sebagai mobilisasi segala sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.[5]
Sedangkan manejemen pendidikan Islam menurut Sulistyorini adalah suatu proses penataan atau pengelolaan lembaga pendidikan Ialam yang melibatkan sumberdaya manusia muslim dan manusia dalam menggerakkannya untuk mencapai tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien.[6] Senada sebagaiman pengertian di atas, Muhaimin mengatakan bahwa manajemen pendidikan Islam adalah bagaimana mengguinakan dan mengelola sumberdaya pendidikan Islam secara efektif untuk mencapai tujuan pengembangan, kemajuan, dan kualitas proses dan hasil pendidika Islam itu sendiri.[7]
A.   Dasar dan Tujuan Manajemen Dalam Pendidikan Islam
Banyak ayat-ayat Al Qur’an yang bisa menjadi dasar adanya manejemen dalam Islam. Ayat-ayat tersebut bisa di pahami setelah di adakan penelaahan secara mendalam. Diantara ayat-ayat Al Qur’an yang dapat dijadikan dasar manejemen pendidikan Islam adalah sebagai berikut:
1. Surat At- taubah ayat 122:
Artinya:
Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi (kemedan perang). Mengapa sebagaian di setiap golonagn di antara mereka tidak pergi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka untuk memeberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembalai, agar mereka dapat menjaga dirinya.[8]
2. An- Nisa ayat 9:
Artinya: ” Dan hendaklah takut kepada Allah orang – orang yang apabila mereka meninggalkan dibelakang keturunan yang lemah yang mereka hawatir akan nasib mereka’ dan hendaklah mereka mengatakan perkataan yang benar”
Selain itu di dalam hadits dan atsar sahabat juga terdapat pelajaran-pelajaran yang mengandung nilai-nilai manajemen. Di antara hadits dan atsar tersebut adalah
Ketika suatu urusan di serahkan kepada orang yang bukan ahlinya, mak tunggulahb kehancurannya’
Ajarilah anak-anakmu, maka sesungguhnya mereka itu di ciptakan untuk suatu jaman yang berbeda dengan jamanmu”.
Ayat-ayat Al Qur’an, hadits serta atsar di atas apabila di telaah secara teliti dan mendalam menunjukkan adanya nilai-nilai manejemen dalam Islam.manajemen dalam Islam sangat di erlukan apalagi dalam aspek pendidikanya.
Pendidikan Islam yang di manage secara baik dan teratur sudah barang tentu akan menghasilakan hasil yang memuaskan. Sebaliknya pendidikan yang tidak di manage secara baik sudah barang tentu akan menghasilkan barabg yang tidak menentu pula.
Adapun tujuan manajemen dalam pendidikan Islam tentu tidak lepas dari tujuan pendidikan Islam. Menurut H.Athiyah Al-Abrasyi sebagaimana yang telah di kutip oleh Oemar Muhammad At-Thoumy al-Syabani mengatakan bahwa tujuan pendidikan Islam adalah:[9]
1. Pembentukan akhlak yang mulia.
2. Persiapan untuk kehidupan dunia dan akhirat.
3. menumbuhkan ruh ilmiah pada pelajaran.
4. menyiapkan pelajar yang profesioanal disamping memelihara kerohanian dan keagamaan.
5. mempersiapkan anak didik untuk mencari rizki dan pemeliharaan segi-segi kemanfaatan sesuai dengnan tujuan pendidikan Islam di atas.
Sesuai dengan tujuan pendidikan Islam di atas dengan berpijak pada pengertian manajemen maka tujuan manajemen dalam pendidikan Islam adalah meningkatkan produktifits pencapaian hasil yang maksimal dalam pendidikan Islam dalam berbagai aspek, jasmai, rohani, dunia, dan akhirat.
C. Unsur-unsur Pendukung Manejemen dalam Pendidikan Islam
Unsur-unsur manajemen pendidikan Islam merupakan fungsi manajemen. Dimana ketika unsur-unsur yang ada tidak dijalankan maka optimalisasi hasil tidak akan tercapai. Adapun unsur pendukung manajemn pendidikan Islam yaitu:
1.     Planing ( Perencanaan)
Palaning adalah suatu proses pemikiran, baik secara garis besar maupun secara mendetail. Proses berpikir dilakukan untuk menghindari kerugian atau kegagalan. Banyak sekali ayat-ayat Al-Qur’an agar orang mau berpkir diantaranya adalah surat Ar-Ro’du ayat 3, Az-zumar ayat 42, Al Jatsiyah ayat 13, Al Baqoroh ayat 219, 242 dll.[10]
2.     Organizing (Pengorganisasian)
Adalah penyusunan dan pengaturan bagian-bagian hingga menjadi suatu kesatuan. Organizing diperlukanb dalam pendidikan Islam dalam rangka menyatukan visi misi sehingga tujuan bisa tercapai. Berkaitan dengan hal ini ada ungkapan ahli bijak yaitu;
Kebenaran yang tidak di organisir pasti akan dikalahkan oleh sesuatu yang bathil yang di organisir “
3.     Actuating (Tindakan)
Actuating pada hakikatnya adalah menggerakkan orang-orang untuk mencapai tujuan yang ditetapkan secara efektif dan efisien. Actuating merupakan aplikasi atau pelaksanaan dari planing yang telah di susun dan direncanakan.
4.     Controlling (Pengawasan)
Pengawasan merupakan penentu terhadap apa yang harus dilaksanakan sekaligus menilai dan memeperbaiki sehingga pelaksanaan program sesuai dengan apa yang direncanakan oleh pendidikan Islam.
A.   Prinsip-prinsip Manejemen Pendidikan Islam
Azhar Arsyad mengatakan bahwa prinsip-prinsi manajemen pendidikan Islam adalah;
a. Pembagian kerja
b. Disiplin
c. Kesatuan perintah (Unity of comment)
d. Kesatuan arah
e. Kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi
f. Rantai berjenjang dan rentang kendali

Sedangkan Effendi Mochtar menyatakan bahwa prinsip-prinsip atau kaidah manajemen yang ada relevansinya dengan ayat-ayat Al Qur’an dan hadits antara lain sebagai berikut:
a. Prinsip amar ma’ruf nahi munkar (Q.S Ali Imron; 104,110)
b. Prinsip menegakkan kebenaran (QS.Al Isro’ 81, Ali Imron :60)
c. Prinsip menegakkan keadilan (QS. An Nisa’ 6, Al-a’raf: 29)
d. Amanah (Q.S Annisa ; 58, Al-baqarah ; 283, Hadits riwayat Muslim)
e. Prinsip mawaddah (QS.Ali Imran 112, Hadits riwayat Bukhari dan Muslim)Prinsip keseimbangan antara dunia dan akhirat (tawazun) (Q.S. Al-Qashas, 77, Hadits riwayat Ibnu Asakir)
f. Prinsip Akhlaqul karimah (QS. Al baqarah, 148, Al-Qashas: 77, Al- maidah ;23)[11]


BAB III
KESIMPULAN

Dari pemaparan makalah diatas dapat di ambil kesimpulan:
1. Manajemen pendidikan Islam adalah suatu proses penataan atau pengelolaan lembaga pendidikan Islam yang melibatkan sumberdaya manusia muslim dan non manusia demi menggerakkannya untuk mencapai pendidian Islam secara efektif dan efisien.
2. Dasar manajemen dalam pendidikan Islam terhadap alam suarat at-Taubah; 122, An-nisa’; 9 serta hadits-hadits dan atsar yang diriwayatkan oleh para sahabat.
3. Tujuan manajemen dalam pendidikan Islam adalah untui meningkatkan produktivitas pencapaian hasil maksimal dalam pendidikan dalam berbagai aspek , jasmani, rohani, dunia, akhirat.
4. Unsur-unsur pendukung manajemen dalam pendidikan Islam meliputi planning, organisizing, actuating, dan controlling.
5. Prinsip-prinsip manajemen dalam pendidikan Islam meliputi amar ma’ruf nahi munkar, menegakkan kebenaran , menegakkan keadilan, amanah, maeaddah, keseimbangan antara dunia dan akhirat (tawazun) dan akhlaqul karimah.


DAFTAR RUJUKAN
Astutik ,Puji, Makalah Pemikiran Filosofis Tentang manajemen Pendidikan Islam, 2007.
A. Partanto ,Pius, M. Dahlan Al Barry, Kamus ilmiah Populer, (Surabaya; Arkola,1994).
H.D Sudjana, Manajemen Program Pendidikan, (Bandung: Falah Production, 2004),II
Mulyasa, E Menjadi Kepala Sekolah Profesioanal, (Bandung: Rosdakarya,2006)
Muhaimin, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam, (Bandung,: Nuansa Baru, 2003)
Moehtar, Effendi, Manajemen Suatu Pendekatan Berdasarkan Ajaran Islam (Jakarta: Bhatara, 1996)
Oemar Muhammad at-Toumy al-Syabany, Falsafah Pendidikan Islam, (Jakarta, Bulan Bintang,1979)
Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam (diktat), STAIN Tulungagung, 2005
Umam,Cholil, Kamus Al-Qur’an Lengkap , (Bandung: Citra Umbara, 2004

[1] Sudjana,H.D Manajemen Program Pendidikan, (Bandung: Falah Production, 2004),II
[2] Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam (diktat), STAIN Tulungagung, 2005, 4
[3] Pius A Partanto, M. Dahlan Al Barry, Kamus ilmiah Populer, (Surabaya; Arkola,1994), 434
[4] E.Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesioanal, (Bandung: Rosdakarya,2006)
[5] Puji Astutik, Makalah Pemikiran Filosofis Tentang manajemen Pendidikan Islam, 2007, 2
[6] ……..Manajemen Pendidikan Islam (Diktat),20
[7] Muhaimin, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam, (Bandung,: Nuansa Baru, 2003) 312-313
[8] Al-Quran dan terjemahnya, (Surabaya: Mahkota) hal 101
[9] Oemar Muhammad at-Toumy al-Syabany, Falsafah Pendidikan Islam, (Jakarta, Bulan Bintang,1979),399
[10] Cholil Umam, Kamus Al-Qur’an Lengkap , (Bandung: Citra Umbara, 2004), 253
[11] Effendi, Moehtar, Manajemen Suatu Pendekatan Berdasarkan Ajaran Islam (Jakarta: Bhatara, 1996) hal 39-40

_______________________
2013

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...