Joule Thief Excessive

1.5v to 220v ac led light 

Cara menyalakan Lampu Led 220v ac yang ber-Driver hanya dengan satu batterey 1,5v dc dan trafo bekas charger hp tanpa lilit ulang.

Joule thief excessive 1.5v to 220v ac led light inverter yang ingin saya share pada kesempatan kali ini merupakan turunan dari joule thief expands pada edisi sebelum nya.

Kelebihan yang bisa di berikan oleh Rangkaian joule thief Excessive 1,5v to 220v ac led light inverter ini adalah Mampu memboosting daya dari batterey 1,5v untuk bisa menyalakan lampu led 220v ac lebih bertenaga.

Ya pada testing rangkaian Jt Excessive 1,5v inverter ini saya menggunakan lampu lhe led non internal driver 2-5 watt, atau sering oleh teman-teman di sebut denga “led abal-abal”.

Hasilnya led mampu menyala dengan terang yang lebih intensitas cahayanya di banding dengan jt 1,5v to 220v ac yang sebelum-sebelumnya. Bisa di lihat pada foto saat testing rangkaian di bawah.


Ya Begitulah manusia, tidak akan pernah puas dengan apa yang sudah di dapat sebelumnya, tapi sifat alami ini juga yang bisa membuat kita untuk bisa lebih kreativ dan maju dari waktu ke waktu.

Begitu juga dengan rangkaian Joule thief Excessive 1,5v inverter ini yang juga mampu membuat Led yang ber -Driver seperti lampu led 220v ac Hannoch 3 watt pun bisa di nyalakan hanya dengan satu biji batterey 1,5v dc.


Rangkaian Joule Thief Excessive 1,5v to 220v ac led light inverter ini tidak mengadopsi sistem Discharg kapasitor elektrolit yang di padukan dengan kapasitor nonpolar sebagai filter arus dc pada lilitan skunder yang di seri dengan lilitan feedback. Hal ini akan menekan frekwensi kerja trafo ferrite transformer yang cenderung tinggi, sehingga arus out bisa lebih besar, tetapi dibuatlah sesimple mungkin agar bagi pemula lebih mudah merangkai. Pada initinya POWER Joule Thief Excessive terletak pada Jenis Transistor dan Dioda terpasang dari Feedback menuju ke Emitor pada kaki Transistor!

Berikut skema Joule Thief Excessive 1,5v to 220v ac led light inverter yang bisa sobat gunakan untuk  ikut mencoba mempraktekan di rumah.

Part list :

  1. Resistor 10 ohm - 100 ohm
  2. elko 1001uf 16v
  3. dioda HER207 / IN 4148
  4. Transistor npn D882
  5. ferrite mini transformer bekas charger hp.
  6. Battrey 1, 5v

Kenapa saya gunakan transistor D882? Transistor D882 merupakan transistor medium yang memiliki kemampuan arus menengah yang cocok untuk project seperti joule thief Excessive 1,5v to 220v ac led light inverter. Selain harga yang relativ murah, juga ketersediaannya di pasaran mudah di temukan.

Dioda HER207 merupakan dioda yang memiliki efisiensi tinggi dengan arus max 2 ampere. Sehingga hambatan internalnya lebih kecil, jadi drop tegangan rendah juga. Tapi sobat bisa saja menggunakan dioda 1N4148 dan atau 1N4007 untuk menggantikan dioda HER207.

Trafo bekas charger hp yang saya gunakan pada kasus kali ini adalah trafo yang body nya berwarna merah, hijau, biru, dan atau trafo yang biasanya ada pada charger hp non ori/abal-abal.

Berikut penampakan dari rangkaian Joule Thief Excessive 1,5v yang secara sederhana tanpa menggunakan pcb.




Semua lilitan trafo asli atau tanpa di rubah atau tanpa lilit ulang. sehingga sobat akan  bisa lebih mudah untuk ikut mempraktekannya di rumah, tanpa harus repot oprek trafonya lagi.

Jadi, sebenarnya Joule Thief Excessive 1,5v to 220v ac led light inverter ini setelah jadi, akan bisa di manfaatkan sebagai lampu darurat yang efektiv dan efisien dalam penggunaan nya.

Kita juga bisa memanfaatkan batterey bekas/sisa dari jam dinding, remote tv, wirelles micropone, mainan anak-anak, dan atau dari batterey bekas alat  lain yang biasanya masih memiliki daya yang bisa untuk di hisap habis oleh rangkaian Joule Thief Excessive 1,5v to 220v ac led light inverter ini.

So, bagaimana? mau mencoba menyalakan lampu led 220v ac hanya dengan satu buah batterey 1,5v dc ?

Ya begitulah sobat elektro, hasil terakhir dari sebuah upaya kreativ yang tak akan pernah berakhir. Terus dan terus berkembang dan selangkah lebih maju dari waktu ke waktu.

Jika sobat masih gagal, Sabar dan telaten serta tak kenal menyerah, coba dan coba lagi lebih teliti. Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya, itulah yang bisa saya sarankan.

Buktikan sendiri kemampuan dari Joule Thief Excessive inverter 1,5v to 220v ac led light inverter.

Jika semua prosedur dan proses sudah di penuhi dengan benar, maka kepuasan membuat sebuah lampu darurat buatan tangan kita sendiri akan sobat rasakan juga. Sehingga sobat juga akan bisa bilang " Hari gini belum bisa menyalakan lampu led di saat PLN PADAM!

Demikian laporan dan hasil oprek praktek saya pada edisi Joule Thief Excessive inverter 1,5v to 220v ac led light inverter kali ini, mohon di maafkan atas keterbatasan saya dalam penyampaian materi, karena jujur saja Saya hanya orang yang suka oprek praktek rangkaian simple mini project, sehingga apa apa yang saya sampaikan adalah apa yang saya praktekan. Sedangkan menulis adalah hal lain yang harus Sobat maklumi ya… 

Lihat video DISINI

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...