RPP PAI MODEL DARING KELAS 8 BAB V

Silahkan downloard DISINI

Bagi pembaca yang budiman ingin mendowloard RPP PAI KELAS 8 MODEL DARING BAB VI silahkan klik DISINI

(RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

Sekolah                               : SMPN 1 MAGETAN

Mata Pelajaran                   : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester                 : VIII/Ganjil

Materi Pokok                     : Bahaya Mengonsumsi Minuman Keras, Judi, dan Pertengkaran

Alokasi Waktu                    : 3 Jam Pelajaran @40 Menit

 

A.     Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak penjelasan materi dalam video youtube (klik disini) yang dikirim guru Melalui Grup Telegram/Whatsapp, peserta didik diharapkan dapat:

·        Memahami makna Q.S. al-Māidah/5: 90–91 da n 32 serta Hadis terkait.
·        Merumuskan makna Q.S. al-Māidah/5: 90–91 dan 32 serta Hadis terkait.
·        Menyajikan rumusan makna Q.S. al-Māidah/5: 90–91 dan 32 serta hadis terkait.

B.      Model Pembelajaran& Sumber Belajar

  •       STUDYSASTER merupakan sebuah inovasi berupa model pembelajaran untuk mengintegrasikanpendidikan kebencanaan alam kegiatan belajar mengajar, dengan tujuan meningkatkan minat siswa belajarkebencanaan
  •       Sumber Belajar: Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII, Kemendikbud, Tahun 2016

C.      Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran dipandu melalui grup Whatsapp, dan siswa mengisi daftar hadir Online Yang dikirim Guru ke Grup Whatsapp

Melalui Grup Telegram/Whatsappguru Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

Makna Q.S. al-Māidah/5: 90–91 da n 32 serta Hadis terkait.

Melalui Grup Telegram/Whatsappguru Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

Kegiatan Inti ( 90 Menit )

Kegiatan Literasi

Melalui Grup Telegram/WhatsappPeserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Makna Q.S. al-Māidah/5: 90–91 da n 32 serta Hadis terkait.

Critical Thinking

Melalui Grup Telegram/WhatsappGuru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Makna Q.S. al-Māidah/5: 90–91 da n 32 serta Hadis terkait.

Collaboration

Peserta didik bersama orang tua mendiskusikan, mengumpulkan informasi, kemudian melalaui aplikasi ZOOM siswa mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi dengan siswa lain mengenai Makna Q.S. al-Māidah/5: 90–91 da n 32 serta Hadis terkait.

Communication

Melalui Grup Telegram/WhatsappPeserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Melalui Grup Telegram/WhatsappGuru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Makna Q.S. al-Māidah/5: 90–91 da n 32 serta Hadis terkait. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

 

D.     Penilaian Hasil Pembelajaran

1.     Penilaian Skala Sikap

2.    Penilaian “Membaca dengan Tartil”

3.    Penilaian Diskusi

 

 

 

                                                                                                                 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

TITIK SUDARTI, S.Pd, M.Pd

Magetan, 11 Juli 2020

GPAI dan Budi Pekerti

 

 

 

 

NANA MASRURI, S.Pd.I

NIP. 19630207 198403 2 009

NIP.19800508 200901 1 003

 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...