AGAMA

Diantara masyarakat umum ada yang berpendapat kurang benar, tegasnya berpendapat salah, kesalahan mana menjadi titik tolak dari penyimpangan yang semakin jauh dari kebenaran hukum yang mestinya berlaku. Banyak pengertian tentang istilah agama yang disalah gunakan, hal ini mungkin timbul tersebab kekurangan perhatian tentang ayat-ayat suci mengenal agama atau sebaliknya mungkin sebab disangaja dengan maksud tertentu untuk keuntungan goloagan Ideology.       Pengertian itu kita jadikan dua klasifikasi saja :
  1. Agama adalah urusan langsung antara manusia dan Tuhan, dengan itu didapat kesimpulan bahwa agama itu boleh saja dipisahkan atau seharusnya dipisahkan dari persoalan lainnya dalam masyarakat. Maka agama juga harus dipisahkan dari persoalan negara.
  2. Agama itu adalah hanya doktrin idealisme yang diturunkan oleh ALLAH maka ide-ide lainnya yang tidak berdasarkan kitab suci ALLAH bukanlah dinamakan agama.    
Kedua issue diatas ini mengelabui dan mengaburkan istilah dan maksud agama sebenarnya. Hal mana memperkecil persoalan agama dan akhirnya bisa melenyapkan pengaruh dan hukum agama dipermukaan Bumi ini.

Pada hakekekatnya inilah yang menyebabkan mundurnya pengaruh serta perkembangan agama yang diturunkan ALLAH dimulai dari abad 2 Hijriah, dimana kaum Muslimin Arab mulai terpengaruh dengan harta benda dan hal-hal yang bersifat keduniaan. Keadaan yang demikian ditambah oleh gejala yang timbul dikalangan penganut agama Yahudi dan Kristen, yang sesuai dengan fitrah perkembangannya tidak lagi cocok mengambil pedoman kepada Old Testament dan New Testament dalam Bible untuk mengarungi beribu segi kehidupan masyarakat Bumi ini.
     
Tetapi orang lupa bahwa Al Quran yang terdiri dari 6.236 ayat itu semuanya firman ALLAH mencakup keseluruhan persoalan hidup pada mana kalangan Yahudi dan Kristen harus menyesuaikan diri parallel dengan maksud keterangan Isa Almasih tersebut pada St John 14:26 diatas tadi. Bible hanya berlaku untuk kalangan Bani lsrael melulu dan hanya untuk zaman sebelum Muhammad, tetapi Al Quran meliputi keseluruhan persoalan diantara manusia, komplikasi yang sempurna diantara firman-firman ALLAH yang berisikan ketentuan mengenal falsafah dan ilmu pengetahuan sanpai pada zaman terakhir.

Tentang agama, Al Quran memberikan definisi sebagai berikut.
إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِن بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ ۗ وَمَن يَكْفُرْ بِآيَاتِ اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ ﴿١٩﴾
3/19. Bahwa agama pada Allah ialah Islam, dan tidaklah berselisihan orang-orang diberi Kitab kecuali sesudah ilmu sampai pada mereka tersebab kekerasan di antara mereka. Siapa yang kafir pada ayat-ayat Allah maka Allah cepat dalam perhitungan.
وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ ﴿٨٥﴾
3/85. Siapa yang mencari agama selain Islam, tidaklah akan diterima daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang merugi.
وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَنتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ ﴿١٣٩﴾
3/139. Janganlah merasa lemah dan jangan duka cita, kamu lebih tinggi jika kamu beriman.
Semua agama yang diturunkan ALLAH kepada para NabiNYA semenjak pertamanya adalah Islam, yaitu agama yang dinamakan sendiri oleh Ibrahim yang dipusakai oleh Ismael, Ishaq dan Jacub agama yang diajarkan oleh Musa yang membawa Taurat, dan juga agama Isa Almasih yang membawa Injil untuk Bani Israel. Untuk pembuktian tentang ini Al Quran dan Bible mengemukakn keterangan-keterangan nyata. Jadi, di Bumi ini banyak agama yang berlaku, dari semua mana hanya agama Islam yang di akui ALLAH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...