MEMAHAMI MAKNA QURBAN

Qurban banyak dipahami sebagai ritual sembelihan binatang yang dilaksanakan saat ritual Hajji, bagaimana Quran menjelaskan makna Qurban, mari kita kaji lebih lanjut.
Yg pertama kita membuka ayat berikut :
Detail Surat Al-Ahqaf Ayat 28
فلولا maka mengapa tidak
نصرهم menolong mereka
الذين orang-orang yang
اتخذوا mereka jadikan
من dari
دون selain
الله Allah
قربانا pendekatan diri (qurbaanan)
ءالهة Tuhan
بل tetapi
ضلوا lenyap
عنهم dari mereka
وذلك dan itulah
إفكهم kebohongan mereka
وما dan apa yang
كانوا mereka adalah
يفترون mereka ada-adakan
---------------------------------------------------------------------------
Ayat ini dalam prakteknya adalah orang yg menjadikan ulama-ulama mereka Qurban(untuk mendekatkan diri kepada Allah), sebagai mana dalam acara tahlilan dengan menyebut syeh2 tertentu agar mereka mendapat wasilah dan safa'atnya di hari qiamat nanti dengan sebutan bertawasul kepada orang2 yg di anggap suci.

Yg jadi pertanyaan kenapa yg dipakai kata Qurbaanan, kalau qurban di maksud sembelihan hewan tentu tidak tepat karena yg jadi qurban di sini disebut orang-orang/manusia. Depag sendiri menerjemahkan dengan kata "pendekatan diri" dan itu sesuai kontek ayat yg ada kalau diterjemahkan dengan sembelihan maka ayat itu jadi kacau maknanya karena qurbannya orang2.
di ayat berikut.
[9:99] Di antara orang-orang Araby itu ada orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, dan memandang apa yang dinafkahkannya itu, sebagai jalan untuk (QURUBAATIN/mendekatkannya) kepada Allah dan sebagai jalan untuk memperoleh SHOLA_WAT ROSULl.
Ketahuilah, sesungguhnya nafkah itu adalah suatu jalan bagi mereka untuk mendekatkan diri (QURBATUN) .
Kelak Allah akan memasukan mereka kedalam rahmat Nya; Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
_________________________________

Disini Jadi jelas bahwa memberikan Nafkah adalah sarana Qurban/pendekatan diri, sebagai jalan untuk mendapat shalawat/sholat-sholat dari Rosul.
[2:219] ....... Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: " Yang lebih dari keperluan." Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir.
Djoko Soep Prijanto [36:47] Dan apabila dikatakakan kepada mereka: "Nafkahkanlah sebahagian dari reski yang diberikan Allah kepadamu", maka orang-orang yang kafir itu berkata kepada orang-orang yang beriman: "Apakah kami akan memberi makan kepada orang-orang yang jika Allah menghendaki tentulah Dia akan memberinya makan, tiadalah kamu melainkan dalam kesesatan yang nyata".
Inti dari ayat ini nafkah peruntukannya adalah untuk membantu sesama yg memerlukan bantuan atas yg berkelebihan.
Kesimpulan Qurban menurut alqur'an jelas beda menurut kebanyakan orang, di qur'an qurban adalah untuk pendekatan diri kepada Allah, satu contoh sarana qurban adalah dengan menafkahkan sebagian rejeki yg lebih bagi yg membutuhkan bantuan, tentu sarana2 yg lain banyak sekali intinya beramal sholeh adalah qurban yg sesungguhnya.
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjuanglah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan.
22:37] Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.
-------------------------------------------------------------------
Sesungguhnya Allah tidak membutuhkan persembahan kepadanya, yg di butuhkan adalah taqwamu, segala persembahan itu hendaknya di fungsikan untuk mentaati perintah Tuhanmu, bantulah sesamamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...