AYAT BIL AYAT

Utuk mengkaji dan memahami ayat ayat Alqur'an , cukup pakai kamus bahasa klasik dan meluruskan pola tatabahasanya,

pahami pesannya bandingkan dengan ayat lainnya selama ada pertentangan jangan di i'tikafi (jangan di pedomani) sampai menemukan keselaransan tanpa bertentangan dengan ayat lainnya.

satui contoh :

1 )" Allah bersemayam diatas arsy"

diayat lain : 

2)" mereka bertanya kepadamu tentang aku, katakanlah bahwa aku dekat............."

Dari dua pernyataan ini yg sangat bertentangan kalau arsy dipahami di atas langit ke 7 yg jauhnya tak terjangkau oleh manusia di lain ayat dinyatakan dekat.

maka kita coba cari kata yg tidak kita pahami yaitu Arsy ternyata arsy itu dapat kita temukan sebagai bangunan. dan bangunan yg dibangun allah itu aemesta alam ini yg dibuat dalam 6 tahapan. lalu apakah benar Allah diatas alam semesta, kita cari benarkah kata terjemahan "bersemayam", ternyata astawa bila kita cari bermakna sempurna/menetapkan yaitu suatu proses dari awal hingga ditetapkan akhir kejadiannya.

Maka "bersemayam diatas arsy / astawa ila arsy "bisa diterjemahkan

"Allah mentapkan/menyempurnakan atas bangunan itu."

sebelum koreksi :

[7:54] Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy ............"

setelah koreksi :

[7:54] Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia menetapkan/menyempurnakan atas Bangunan itu.

hal ini bisa kita lakukan sendiri tanpa melibatkan asbabul nuzul atau hadist2 bukhory dkk, yg justru menimbulkan perbedaan2 ayat2nya sehingga menimbulkan macam2 golongan dan aliran.

--------------------------------------------------------------------------------------------

ini ada tool yg mungkin bisa bermanfaat dalam mengkoreksi pemahaman ayat secara sendiri, jangan lupa sering sharing agar pemahaman dapat meningkat lebih baik.

1. pencari kata, misal sholat/shalat tinggal tulis di kolom pencari.

http://alquran.babinrohis.esdm.go.id/?

2. kalau udah dapat ayat2nya untuk kata sholat , maka anda dapat menuju kata sholat den mencari akar kata/ root nya:

http://quran.bblm.go.id/

3. untuk menerjemahkan kata sholat dari akar kata "sad lam waw" bisa cari disini:, klik aja di huruf depannya misal Sad Lam Waw, di amabil Sad.

http://www.studyquran.co.uk/PRLonline.htm

4. mungkin banyak terjemahan dari satu akar kata yg bisa dipilih, sekali lagi perhatikan kalimat yg ada dan ulangai dengan cek keselarasan dng ayat lainnya.

selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...