___ SHODAQOT ___

Kata ini pada dasarnya bermakna kekuatan/ tenaga, energi dan fakta nyata.
Sidqun digunakan sebagai lawan dari kat Kizbun yang berarti adanya perbedaan antara apa yang orang katakan dengan apa yang tersembunyi di dalam hatinya. Oleh karena itu Sidqun berarti kebenaran yang kuat, di mana hati dan lidah benar-benar menyatu.
Sadaqa, yang merupakan bentuk tunggal dari kata Sadaq’aat adalah perbuatan dari suatu individu, yang dilakukan untuk membuktikan kebenaran dari iman seseorang. Biasanya dikaitkan dalam bentuk bantuan keuangan yang diberikan oleh seseorang. Ini adalah sumbangan sukarela yang diberikan seseorang diluar kontribusi wajib dari individu dalam masyarakat yang harus diberikan kepada Pemerintah untuk kesejahteraan umum. Zak’at berbeda dengan Sadaqa.
Perhatikan ayat-ayat 58:12, 9:60, 9:103-104, 2:271, 2:276, 263-264 berkaitan dengan hukum Sadaq’aat. Hukum ini, bagaimanapun, bisa diterapkan selama masa transisi ketika tatanan ekonomi yang Qurani belum terbentuk/ mapan secara menyeluruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...