175. Adakah Ayat Alquran yang secara terang mengatakan bahwa manusia di sorga nanti harus bekeria?

★ ★ ★ ★ ★

Manusia ini makhluk konkrit hurus memakai dan memakan benda konkrit, sedangkan segala ciptaan Allah berlaku dalam keadaan logis, maka tentunya manusia juga harus bekerja untuk hidupnya, tetapi kehidupan di Akhirat dibekali Tuhan dengan ketinggian ilmu dan kesempurnaan wujud secukupnya.

Alquran tidak pernah mengatakan manusia di sorga harus bekerja, tetapi manusia memang makhluk giat dan suka bekerja, karena itu Bumi kini dan sorga nanti cocok untuknya dan nalurinya, malah Nabi Ibrahim dikatakan termasuk orang shaleh di Akhirat nanti: shaleh berarti kerja giat dalam hukum keredhaan Allah.

Banyak pertanda lain yang diberikan Alquran, di antaranya termuat pada Ayat Suci yang maksudnya :

2/130. Dan orang yang membenci doktrin Ibrahim hanyalah memperbodoh dirinya sendiri, dan sungguh Kami telah memilih Ibrahim itu di dunia ini, dan di Akhirat nanti dia termasuk orang-orang yang shaleh.

21/102. Tidaklah mereka mendengar hiruk-pikuk neraka dan mereka kekal dalam apa-apa yang dihajatkan diri mereka.

25/16. Untuk mereka itu di dalam sorga ialah apa-apa yang mereka kehendaki selaku orang-orang yang kekal. Adalah hal itu janjian Tuhanmu yang harus terlaksana.

41/3l. Kamilah pimpinanmu dalam hidup di dunia kini dan di Akhirat nanti, dan untuk kamu padanya (di sorga) apa-apa dihajatkan dirimu dan untuk kamu padanya apa-apa yang kamu minta.

Jadi kegiatan hidup baik di dunia kini maupun di Akhirat nanti harus berlaku logis, sesuai dengan kehidupan konkrit, kelebihan di Akhirat ialah kesempurnaan dan keilmuan. •••

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...