173. Adakah dalil lain dalam Alquran yang menyebutkan penduduk sorga nanti bertempat tinggal di kutub planet saja ?

★ ★ ★ ★ ★

Dalam soal no. 171 di muka tercatat arti ayat 39/20 dimana tersebut istilah “siang-siang” yang kata aslinya ANHAAR. Biasanya orang mengartikan istilah ANHAAR itu dengan sungai-sungai, sebenarnya pengertian begitu salah pasang.

Alquran pernah mentertawakan orang yang menganggap Comet melayang di angkasa jauh itu berwujud debu atau pasir sebagaimana anggapan kebanyakan sarjana pada abad 14 Hijriah. Tertawaan itu tercantum pada ayat 25/22, padahal Comet itu sebenarnya terwujud dari Mar’a Neuterino yang mengapung dari jutaan bintang. Begitu pula Alquran pernah menentertawakan Firaun yang mengartikan ANHAAR dengan sungai-sungai, dimuat dalam ayat: 43/51 Dan berserulah Firaun pada kaumnya lalu berkata: "Wahai kaumku, apa tidakkah kepunyaanku kerajaan Mesir, dan inilah sungai-sungai (Nil) yang bergerak dari bawahku, tidakkah kamu perhatikan ?"

Ayat Suci ini memperlihatkan keadaan Firaun yang salah tanggap tentang istilah ANHAAR yang dipakai Musa dalam menyampaikan agama Allah, karena arti ANHAAR dalam hal itu bukanlah sungai-sungai tetapi "siang-siang" karena diiringi oleh istilah "dari bawahnya".

ANHAAR adalah jamak (plural) dari NAHAAR artinya ,”siang" seperti LAYAAL jamak dari LAILU yang berarti "malam" Di samping itu ANHAAR juga berarti "sungai-sungai" sebagai jamak dari NAHRU tetapi istilah itu di ikuti oleh "padanya", contohnya seperti pada ayat :

47/15. Perumpamaan sorga yang dijanjikan pada para Muttaqien ialah, PADANYA ada ANHAAR dari air yang tak membusuk dan ANHAAR dari susu yang tak berobah rasanya....

55/50. PADA keduanya ada dua mata air yang mengalir.

76/18. Mata air yang ada PADA-nya dinamakan Salsabil.

Pada ketiga Ayat Suci di atas ini dinyatakan bahwa ANHAAR yang dikuti oleh PADA-nya berartikan sungai-sungai, sedangkan ANHAAR yang diikuti oleh BAWAH-nya berartikan siang-siang seperti yang dimaksud pada ayat 39/20. Bagaimana pula di sorga mengalir sungai di BAWAH-nya, tetapi mengalir sungai PADA-nya. Jadi ANHAAR yang bergerak di bawah sorga ialah siang-siang, karena memang Surya tidak kelihatan dari tempat kediaman manusia di sorga itu, sesuai dengan maksud ayat 76/13.

•••

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...