168. Bilakah waktunya manusia yang dihidupkan kembali di Akhirat itu dibawa ke sorga atau ke neraka ?

Sewaktu seluruh manusia hidup kembali dari matinya cara serentak dan ketika itu juga sudah terang siapa-siapa yang harus dibawa ke neraka dan siapa yang harus ditempatkan di Sorga maka ketika itu juga mereka langsung diterbangkan kepada alamat masing-masing. Mereka diambil oleh malaikat yang diberi tugas tertentu untuk itu. Berapa besarnya tubuh manusia waktu itu, tidaklah pernah dinyatakan oleh Alquran, tetapi kita mungkin dapat mengira-ngirakan berdasarkan jumlah manusia Bumi yang pernah hidup dalam sejarah. Jika tubuh manusia nanti sama besar dengan tubuhnya kini maka akan sangat sesaklah permukaan Bumi ini malah mungkin tak muat. 

Pada akhir abad l4 Hijriah saja tercatat jumlah 4,5 milyar penduduk. Jika angka ini kita ambil sebagai patokan untuk menghitung penduduk Bumi dalam sejarah maka angka itu berarti jumlah penduduk dalam waktu 40 tahun. Jika manusia Bumi telah berumur 4 juta tahun maka semua manusia itu berjumlah sekira 4.500.000 milyar orang, jadi memang tak muat lagi untuk sekali bangun dari kuburnya di muka Bumi ini. 

Sebaliknya kalau kita memakai ayat 6/38 bahwa bacteri atau hama yang sangat halus itu adalah ummat yang sama juga keadaan pertumbuhannya dengan manusia, dan kalau ayat 56/61 yang menyatakan wujud manusia nanti belum kita kenal di dunia kini dipakai pula dan disangkut pautkan dengan ayat tadi maka rasanya kita memperoleh suatu gambaran bahwa manusia di Akhirat itu hanyalah sebesar hama. 

Jika manusia yang bertubuh sebesar hama demikian dihidupkan serentak dari kuburnya, nyatalah permukaan Bumi masih sangat luas karena satu milyar hama akan dapat dikumpulkan dalam segelas air. Biarlah kita tinggalkan persoalan wujud dan besar tubuh manusia itu tetapi yang terang ialah bahwa mereka yang dibawa ke sorga memiliki wujud yang sempurna daripada wujud manusia kini sedangkan yang dibawa ke neraka berupa batu atau besi. Mengenai pemberangkatan mereka ke neraka atau ke sorga dapat kita perhatikan maksud ayat :

 

A. Mereka yang ke neraka :

 

6/93....Dan kalau engkau lihatlah ketika orang-orang zalim itu pada waktu bangun dari mati. Malekat mengulurkan tangannya: "Keluarkanlah dirimu. Hari ini kamu dibalasi dengan siksaan hina tentang apa yang kamu katakan atas Allah tanpa hal logis dan kamu menyombong pada Ayat-ayatNYA."

7/37........Hingga ketika telah datang Rasul-rasul (malaikat) Kami mengangkatkan mereka, malekat itu berkata: Dimana tuhan yang kamu panggil selain Allah itu? Mereka berkata: "Semua itu telah menyesatkan kami." Dan mereka membuktikan atas diri mereka bahwa mereka kafir selama ini.

55/41. Dikenal orang-orang berdosa itu pada tandanya lalu diambil (dibawa) dengan jiwa dan pendiriannya.

67/7. Dan ketika mereka sampai di neraka itu, mereka dengarlah neraka itu dengan gemetar karena dia senantiasa gemuruh.

25/12. Ketika dia melihat mereka dari tempat yang jauh mereka dengarlah neraka itu dalam keadaan marah dan gemuruh.

25/13. Dan ketika mereka sampai pada neraka itu pada suatu tempat sempit yang serasi untuk mereka maka berteriaklah mereka ketika itu :  Aduuhh.

36/63. Inilah jahannam yang dijanjikan padamu.

36/64. Masukilah dia Hari ini tersebab kafir selama ini.

 

B. Mereka yang ke sorga :

 

16/32. Orang-orang yang baik diangkatkan malekat sambil berkata: "Keselamatan atasmu, masukilah sorga itu tersebab apa yang kamu perbuat selama ini”

39/73.Dan dipimpinlah orang-orang yang insyaf pada Tuhan mereka itu ke sorga berombongan, hingga ketika mereka sampai ke sana, dibukakanlah pintu-pintunya dan berkatalah pada mereka penjaganya: “Keselamatan atasmu, Kamu merasakan kebaikan, maka masukilah dia sebagai orang-orang yang kekal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...