Facebook 

Bismillaahirrahmaanirrahiim  

Konsep Al-Quran adalah bahwa semua manusia diciptakan sama, tak seorangpun yang lebih tinggi dibanding orang lain dalam kapasitasnya sebagai manusia, dan oleh karena itu, tak seorangpun berhak untuk mengatur orang selain. Lebih dari itu, karena segala sesuatu yang ada di alam semesta telah ditaklukkan bagi manusia, maka tidak ada sesuatupun yang lebih tinggi dari pada dia, dengan satu pengecualian, yaitu: Allah.

Menganggap bahwa seseorang lebih tinggi dari pada manusia lain, adalah sama dengan merendahkan diri sendiri, dan juga sama dengan meletakkan adanya persamaan dengan Allah. Inilah Syirk. Hal itu tidak akan akan menggoyahkan kedudukan Allah, tetapi hanya bagi manusia, karena ia akan jatuh dari posisinya yang dianggap lebih tinggi tersebut.

Oleh karena itu Al-Quran, mempertimbangkan bahwa syirk sebagai kejahatan yang paling besar bagi manusia karena akan menjauhkan posisinya yang syah dari dia 31/13. Ketaatan hanya pada satu otoritas, yaitu Allah, melalui pewahyuan, dan yang memerintahkan serta mengendalikan seluruh alam semesta adalah Tauhid (Keesaan Allah, monoteisme), sedikit penyimpangan dari ini adalah syirk.
______

Kata شِرْكٌ tersusun dari kata dasar dengan suku kata ش ر ك
huruf pertama k1=ش , huruf kedua k2=ر, dan huruf ketiga k3=ك
Jumlah pemakaian pola dasar ش ر ك dalam AlQuran 168 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 96 kali, dipakai kata kerja sebanyak 72 kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...