Pedoman Observasi

Lampiran 2
PEDOMAN OBSERVASI
Judul Tesis
Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMPN 1 Magetan
Kode
Aktifitas
Fokus Observasi
O. KS.
Perencanaan
1.      Kondisi ruang pertemuan
2.      Pembentukan tim supervisi
Pelaksanaan
1.      Persiapan pelaksanaan
2.      Teknik supervisi kepala sekolah
Evaluasi
1.      Teknik evaluasi
Tindak Lanjut Hasil
1.      Pembinaan kepada guru
2.      Model pembinaan




Lampiran 2.1
CATATAN LAPANGAN

Hari/tgl            : Sabtu, 13-02-2016
Jam                  : 08.00 – 09.00
Tempat            : Ruang tata usaha
Subjek             : Kepala Tata Usaha
Metode            : Observasi
Jenis Dok        : Profil SMPN 1 Magetan
Pedoman         : D.TU.130216

Deskripsi Data
            Perencanaan program dilaksanakan di ruang kepala sekolah, hadir dalam rapat tersebut adalah Wakil Kepala Sekolah beserta Guru yang ditunjuk sebagai Asesor dari masing-masing bidang studi. Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah, dalam pertemuan tersebut banyak yang program yang dibicarakan diantaranya adalah 1). Penyusunan program kerja dilaksanakan 1 (satu) kali dalam setahun. Dalam program ini terdapat jenis kegiatan, tujuan, sasaran, waktu dan instrument. 2). Pembuatan jadwal pelaksanaan supervisi akademik, yang dalam jadwal tersebut tertera hari, tanggal, waktu dan nama guru yang akan disupervisi, mata pelajaran dan kelas.
            Pelaksanaan supervisi dilakukan di dalam kelas oleh kepala sekolah, tetapi sebelum dilakukan supervisi kunjungan kelas, guru yang akan disupervisi telah lebih dulu mengumpulkan admisnistrasi pembelajaran seperti halnya RPP, Silabus, penilaian, Buku pelajaran, Absensin siswa dan menentukan materi apa yang akan disapaikan di dalam kelas berkait dengan kunjungan kepala sekolah dalam rangka kegiatan supervisi.
            Penilaian langsung terhadap guru dalam proses pembelajaran didalam kelas mengacu pada Instrumen Observasi Kelas, dimana disebutkan beberapa tahapan proses pembelajaran guru yakni tahap kegiatan awal, kegiatn inti dan kegiatan penutup berserta poin masing-masingnya.
            Dalam menindak lanjuti hasil supervisi akademik, terdapat instrument yang menjelaskan tentang Hasil Skor, Catatan Khusus, Tindak Lanjut dan Realisasi Tindak Lanjut supervisi. Tindak lanjut dari hasil supervisi pembelajaran di kelas diantaranya menyebutkan: Secara garis besar persiapan mengajar bapak/ibu guru sudah baik. Secara garis besar pelaksanaan pembelajaran di kelas, adalah sesuai dengan criteria penilaian dengan nilai baik. Kegiatan Menutup pembelajaran, sudah baik. Bagi guru yang belum mengintegrasikan nilai-nilai karakter pada RPP, harap segera membuat. Bagi guru yang administrasinya ada kekurangan harap segera dilengkapi. Bagi guru yang administrasinya belum membuat harap segera dibuat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...