Lampiran 2
PEDOMAN OBSERVASI
Judul Tesis
Manajemen Supervisi Akademik Kepala
Sekolah di SMPN 1 Magetan
Kode
|
Aktifitas
|
Fokus Observasi
|
O. KS.
|
Perencanaan
|
1. Kondisi
ruang pertemuan
2. Pembentukan
tim supervisi
|
Pelaksanaan
|
1. Persiapan
pelaksanaan
2. Teknik supervisi
kepala sekolah
|
|
Evaluasi
|
1. Teknik
evaluasi
|
|
Tindak Lanjut Hasil
|
1. Pembinaan
kepada guru
2. Model
pembinaan
|
Lampiran 2.1
CATATAN LAPANGAN
Hari/tgl : Sabtu, 13-02-2016
Jam : 08.00 –
09.00
Tempat : Ruang tata
usaha
Subjek : Kepala Tata
Usaha
Metode : Observasi
Jenis Dok : Profil SMPN 1
Magetan
Pedoman : D.TU.130216
Deskripsi Data
Perencanaan program
dilaksanakan di ruang kepala sekolah, hadir dalam rapat tersebut adalah Wakil
Kepala Sekolah beserta Guru yang ditunjuk sebagai Asesor dari masing-masing
bidang studi. Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah, dalam pertemuan
tersebut banyak yang program yang dibicarakan diantaranya adalah 1). Penyusunan
program kerja dilaksanakan 1 (satu) kali dalam setahun. Dalam program ini
terdapat jenis kegiatan, tujuan, sasaran, waktu dan instrument. 2). Pembuatan
jadwal pelaksanaan supervisi akademik, yang dalam jadwal tersebut tertera hari,
tanggal, waktu dan nama guru yang akan disupervisi, mata pelajaran dan kelas.
Pelaksanaan supervisi
dilakukan di dalam kelas oleh kepala sekolah, tetapi sebelum dilakukan
supervisi kunjungan kelas, guru yang akan disupervisi telah lebih dulu
mengumpulkan admisnistrasi pembelajaran seperti halnya RPP, Silabus, penilaian,
Buku pelajaran, Absensin siswa dan menentukan materi apa yang akan disapaikan
di dalam kelas berkait dengan kunjungan kepala sekolah dalam rangka kegiatan
supervisi.
Penilaian langsung
terhadap guru dalam proses pembelajaran didalam kelas mengacu pada Instrumen
Observasi Kelas, dimana disebutkan beberapa tahapan proses pembelajaran guru
yakni tahap kegiatan awal, kegiatn inti dan kegiatan penutup berserta poin
masing-masingnya.
Dalam menindak lanjuti
hasil supervisi akademik, terdapat instrument yang menjelaskan tentang Hasil
Skor, Catatan Khusus, Tindak Lanjut dan Realisasi Tindak Lanjut supervisi. Tindak
lanjut dari hasil supervisi pembelajaran di kelas diantaranya menyebutkan: Secara garis besar
persiapan mengajar bapak/ibu guru sudah baik. Secara garis besar pelaksanaan pembelajaran di kelas,
adalah sesuai dengan criteria penilaian dengan nilai baik. Kegiatan Menutup pembelajaran, sudah baik. Bagi guru yang belum mengintegrasikan
nilai-nilai karakter pada RPP, harap segera membuat. Bagi guru yang administrasinya ada kekurangan
harap segera dilengkapi. Bagi guru yang administrasinya belum membuat harap segera dibuat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar