Logika

Banyak manusia kini yang masih ragu tentang hidupnya. Satu dogma yang buta telah membawanya kepada satu aliran yang mengatakan hidup ini ada sendirinya tanpa Pencipta, semua benda2 angkasa itu dianggap terjadi sendirinya, begitu dirinya yang berketurunan. Tetapi semua itu timbul dengan sebab2 nyata yang telah digariskan ALLAH. 

Sebaliknya sejarah itu juga yang memang mengandung unsur2 Kausalita akan membawa manusia itu kembali kepada gejala fikiran yang wajar dimana dogma buta tak terpakai lagi karena memang ia menyesatkan dan membinasakan. Penyelidikan manusia tentang alam semesta dan tentang keadaan hidup dirinya akan semakin meningkat dengan pembukaan yang diizinkan, maka semuanya nanti akan bersatu pada logika konkrit dimana manusia terbagi dua antara yang patuh dan yang pongah.

Logika manusia kini sedang menjurus kepada KEESAAN dan KEKUASAAN ALLAH, disukai maupun dibenci oleh manusia itu sendiri, segala sesuatu berjalan dengan ketentuan ALLAH sesuai dengan Kausalita yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...