SALAH DIDIK ANAK, Apakah kenakalan remaja disebabkan oleh salah didik dari ibu bapak?

Pada hakekatnya memang kenakalan remaja yang terdapat dalam masyarakat ditimbulkan oleh didikan yang diberikan oleh fihak ibu - bapak, karena setiap anak terpengaruh oleh alam lingkungan, seperti oleh darah turunan, makanan, perbuatan, dan mental ibu - bapaknya. 

Sebagai contoh dari keadaan yang berlaku ialah:
1. Diantara yang termasuk golongan kenakalan remaja yaitu free sex,cross boy,  cross girl, pencandu narkotik dan sebagainya.
2. Banyak orang menyalahkan timbulnya kenakalan remaja tersebut pada siaran radio, TV, tontonan film, majalah, bukur-buku yang menyiarkan kejahatan, kepornoan, keduniaan dan sebagainya, padahal semua itu tergantung pada peraturan yang berlaku dalam masyarakat dan pada pemerintah yang menyusun, menetapkan serta mengawasi pelaksanaan peraturan hukum itu sendiri. Tetapi ingatlah bahwa pemerintah tersebut terdiri dari ibu bapak yang melahirkan anak-anak yang terlibat pada kenakalan remaja tadi.

3. Banyak pula orang yang menyalahkan guru-guru di sekolah. Guru-guru itulah katanya yang bertanggung jawab terhadap anak didiknya. Tetapi kalau orang sudi memperhatikan, akan nyatatah tuduhan itu salah alamat:
a. Guru-guru bukanlah pendidik tetapi pengajar. Mereka mengajarkan pelajaran yang tercantum dalam kurikulum. Jadi para murid di sekolah bukanlah anak didik, sebaliknya lebih pantas menamakan “anak ajar”.
b. Guru-guru itu bergaul dengan anak ajarnya hanya beberapa jam pada hari-hari tertentu. Waktu-waktu itu dipergunakannya untuk memberikan pelajaran. Mereka hanya dapat memberikan nasehat kepada murid yang kurang sopan atau yang terlibat pada kenakalan remaja. Paling akhir mereka hanyalah berlepas diri dengan mengusir murid tersebut dari lingkungan sekolah.
c. Yang bertugas dalam pendidikan adalah ibu bapak. Mereka harus menjadikan anak-anaknya selaku anak didik. Pertumbuhan akhlak dari anak-anak tersebut harus dipertanggung jawabkan para ibu bapak sendiri, bukan kepada orang-orang lain.

4.  Banyak ibu bapak yang sibuk dengan unusan sendiri, baik di bidang jabatan,  masyarakat, maupun di bidang keduniaan :
a. Bayi yang ditinggalkan di rumah diberi makan dengan susu sapi hingga bayi itu kemudiannya dipengaruhi oleh sifat dan sikap sapi.
b. Bayi itu sampai pada umur bilangan tahun ditinggalkan di rumah, dirawat dan diasuh oleh pembantu bayaran. Umumnya pembantu itu adalah orang lain, bukan keluarga juga kurang tanggung jawab dan kurang pengetahuan. Maka praktis saja anak yang dirawatnya bertumbuh tak rnenentu, liar, dengan sifat dan sikap yang tak diharapkan.

c. Ibu bapak mewah itu meninggalkan anak-anaknya dengan peralatan dan bahan keperluan cukup, tetapi mereka lupa bahwa samua itu tidak cukup dijadikan bahan didikan anak-anak. Apalagi kalau semua peralatan itu didapatkan dulunya dengan cara tidak baik dan tidak halal, begitupun penggunaannya tidak pula menurut amar makruf nahi mungkar. Padahal anak-anak mereka membutuhkan kasih sayang ibu, air susu ibu, makanan halal yang baik, begitu pula peralatan yang berfungsi pendidikan bukan duniawi.
d. Sewaktu ibu bapak telah berada di rumah bersama anak-anak, keduanya memperlihatkan sikap mewah, kedudukan tinggi dan segala bisa. Semua itu diterima si anak dengan pertumbuhan buruk dalam jiwanya. Akibatnya dia terbiasa bersikap anghuh, tak sopan, dan suka mendaulat milik teman-temannya. Kemudian sekali, masa depannya sangat suram, dan wajar sekali termasuk remaja nakal.

Maka sebagai jawaban ini, rasanya cukup sebagai apa yang dikemukakan tadi, bahwa kenakalan remaja memang disebabkan SALAH DIDIK dari IBU BAPAK. Semuanya berdasarkan hukum yang telah ditentukan dalam Alquran. 

(Sang Generasi Muda)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...