BAPAK

`als salaamu 'alay–kum, wa rahmatu–`allaahi, wa barakaatu–huu.

بِسْــــــــــــــــــــــمِ اللّــــــهِ الرَّحْــــــمَنِ الرَّحِــــــيْم 
الحمــد للــه والصــلاة والســلام علــى رســول اللــه
وعلــى آلــه وصحــبه أجمعــين, أما بعد:

Saudara dan Saudariku yang dirahmati Allāh Subhānahu wa Ta'āla. 

Sebagai orang yang bertanggung jawab, setiap bapak tentulah berusaha membelanjai dan menyelamatkan hidup anak-anaknya, baik dalam hal sandang pangan maupun pengasuhan dan sebagainya. Hal ini juga termuat pada ayat 2/133, tetapi tangung jawab itu hanyalah sekedar tenaga atau sekadar kesanggupan yang dimiliki, karena memang rizki seseorang hanya ditentukan Allah. Namun didikan dan nasehat yang mengandung amar makruf nahi mungkar harus selalu diberikan : 

⇨ a. Ayat 3l/13 dan 31/17 s/d 31/19 memberikan contoh betapa seorang muslim harus menasehati anak2nya agar jangan menserikatkan Allah, agar selalu melakukan Shalat dan tabah terhadap segala macam masalah hidup, agar bersikap sopan sewaktu berkata dan bertindak serta tidak bersikap sombong di Bumi. Hal yang bersamaan juga termuat pada ayat 20/132.

⇨ b. Alquran memberikan nasehat tentang betapa mempergauli dan mendidik anak-anak agar kemudiannya menjadi pribadi beriman pada Allah, berbudi pekerti tinggi dan berguna dalam masyarakat, bahkan sampai pada masalah yang lebih kecil hingga gerak gerik anak-anakpun harus diawasi. 
Contohnya seperti: Ayat 24/58 rnemerintahkan agar orang melarang anaknya atau sekurang-kurangnya harus minta izin untuk memasuki kamar ibu bapaknya pada waktu-waktu tertentu, yaitu sebelum shalat Fajar, sewaktu istirahat tengah hari, dan sesudah Shatat Isya' malam hari.

Hal ini harus dilaksanakan agar anak-anak itu tidak sampai melihat ataupun tergugah pada hal-hal yang sehubungan dengan sexuil dan timbul syahwat dalam hubungan suami istri.
Dengan demikian aliran fikiran anak itu sedikitnya dapat dihindarkan dari cross boy atau cross girl, ataupun dari apa yang dinamakan free sex. 

سُبْحَـــــــــــــانَكَ اللَّـــــــــــــهُمَّ وَبِحَمْـــــــــــــدِكَ، أَشْـــــــــــــهَدُ أَنْ لاَ إِلَـــــــــــــهَ إِلاَّ أَنْـــــــــــــتَ، أَسْتَغْـــــــــــــفِرُكَ، وَأَتُـــــــــــــوْبُ إِلَيْـــــــــــــكَ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...