Informasi

Membuat Mesin Stirling

Program ini   DIY Stirling: http://www.youtube.com/playlist?list=PLWqkVeWaX65KiyK0M836j6ppRm8E_bRFP
 adalah untuk penggunaan pribadi saja, tidak diizinkan untuk menjual atau mendistribusikan dengan cara apapun.

Program ini ditujukan untuk membantu para siswa-siswi dalam merakit mesin Stirling untuk kebutuhan rumah dan penggunaan pribadi. Hasil dari program ini adalah akurat sejauh fisika dan matematika yang bersangkutan, kami telah berpuluh kali membuat mesin stirling. Tapi siapapun yang berkeinginan mencobanya diharapkan terlebih dahulu merancang dan kemudian merakit mesin Stirling. Oleh karena itu, kami tidak bertanggung jawab atas penggunaan atau penyalahgunaan program, atau informasi yang telah disajikan.

--

Latar Belakang

Mesin Stirling telah menarik banyak perhatian selama bertahun-tahun. potensinya tinggi dari segi efisiensi dan kemampuan untuk menggunakan berbagai macam bahan bakar telah membuatnya menjadi pesaing serius berkait dengan sumber daya alternatif, terutama dalam aplikasi otomotif.

Stirling memakan waktu lebih lama untuk menghangatkan uap sebelum mencapai kekuatan penuh. Sangatlah efisien dan tidak menggunakan knalpot yang berasap. Selanjutnya, murah energi (minyak) berlimpah. Dan sekarang dihadapkan dengan masa depan energi yang bergantung pada bahan bakar fosil untuk memenuhi kebutuhan kita. Konservasi menjadi lebih penting serta sumber energi alternatif.

Mesin Stirling adalah salah satu terobosan baru memanfaatkan bahan bakar fosil, mengingat Mesin stirling dapat menggunakan sumber manapun yang berupa panas untuk menjalankan, termasuk biomassa dan solar. Hal ini menjadi jelas bahwa minat dalam jenis mesin begitu diminati. Bila kita lacak di Google akan menghasilkan banyak “hits” yang menunjukkan minat yang tinggi terhadap mesin Stirling dengan berbagai ragam model dan bahan yang berbeda-beda.
--

Apa Tujuan dari Program mesin Stirling ini?

Tujuan dari program ini adalah untuk membantu para siswa atau penggemar untuk merancang mesin Stirling simana bahan-bahan didapatkan sebagian besar dari bahan limbah rumah tangga, dimana mesin stirling ini bekerja tanpa macet dengan matematika dan termodinamika.

Fakta yang telah penulis rancang dan rakit, tidak ada mekanisme kompleks seperti katup dan mekanisme waktu. Namun pada kenyataannya itu hanya berbagai jenis mesin. Namun demikian, orang cenderung tidak memiliki nuansa kreatif bagaimana membuat mesin Stirling.

Saran penulis sekaligus Solusi membuat mesin yang baik adalah sering-seringlah bereksperimen, yang sayangnya bisa memakan waktu dan sumber daya intensif. Hal ini adalah jalan alternatif untuk mengenali lebih jauh mesin yang hendak kita buat dengan seakurat mungkin, dan mengurangi trial and error dalam tahap konstruksi.

Program yang yang hendak saya perkenalkan dengan Model yang disederhanakan yang disertai dengan gambar alat dan bahan dari berbagai komponen dari mesin Stirling kiranya memiliki cukup detail di dalamnya untuk memberikan panduan yang wajar dalam proses.

Orang tidak perlu langsung memahami fisika dan matematika yang terlibat untuk menggunakan program. Kita hanya perlu masukan dimensi desain, dan mengubah parameter tertentu sampai optimasi tercapai.

Sebuah penjelasan disertai gambar-gambar secara rinci akan diberikan saat Anda melihat tutorial dalam proses pembuatan mesin stirling dari tahap awal sampai tahap akhir.

--

Stirling Dasar - Apa itu Stirling ?

Sebuah mesin Stirling adalah mesin panas yang bekerja atas dasar eksternal diterapkan
perbedaan suhu. Dengan mempertahankan perbedaan suhu panas dan dingin mesin
mampu menjalankan dan menghasilkan tenaga mesin yang kemudiaanya bisa menghasilkan Listrik. Hal ini berbeda dari Pembakaran internal Mesin hal mana mesin tersebut menggunakan siklus tertutup; yaitu, gas bekerja tertutup (disegel) di dalam mesin.  Dalam mesin Stirling, tidak ada seperti ini. Selain itu, mesin Stirling tidak terbatas pada jenis bahan bakar yang digunakan.

Prinsip dasar dari mesin Stirling adalah ini. Mesin ini diisi (di bawah tekanan),
dengan gas seperti udara, helium, atau hidrogen. Ini disebut “gas bekerja”. Di dalam
mesin gas dipanaskan. Hal ini meningkatkan tekanan dan bergerak piston sebagai hasilnya. gas kemudian didinginkan, menurunkan tekanannya. Hal ini kemudian dipanaskan lagi, dan siklus berulang. Di sebuah Mesin Stirling ini nyata biasanya terjadi sangat cepat, pada urutan yang sama kecepatan sebagai ICE. Gas bekerja secara bolak-balik berkeainambungan sangat cepat di dalam mesin, antara panas dan ujung dingin. Gas bekerja di dalam mesin dipanaskan dengan pemanas, dan didinginkan dengan pendingin.
Pemanas dan pendingin biasanya penukar panas yang terdiri dari tabung sempit
Permukaan luar pemanas terkena sumber suhu tinggi, seperti nyala burner, atau energi surya terkonsentrasi. Permukaan luar dingin adalah
terkena sumber suhu dingin seperti udara atau air.

--
Bahan Pembuatan Mesin Stirling

Sperti yang telah diuraikan di atas dalam mesin Stirling diperoleh dari bahan-bahan limbah rumah tangga diantaranya adalah:
- kaleng minuman aoda sebanyak 3
- kaleng cat sebanyak 2 (ukuran besar dan sedang)
- kawat ruji sepeda gayuh sebanyak 3
- sieler / perekat tahan panas
- kepingan CD jumlah 3
- pin stop kontak sebanyak 1 set isi 10 butir
- stealwoll/gosok panci secukupnya
- kalwng kecil bekas parfum
- Spiritus/metanol.

Lebih lengkapnya yang disertai panduan proses pembuatan Mesin Stirling bisa di lihat di : SINI