M E T O D O L O G I
Sasaran belajar para guru adalah metodologinya, bukan materi atau kontennya. GPAI di Indonesia secara materi umumnya bagus namun masih kurang dalam penggunaan metode belajar yang menyebabkan para siswa kurang berminat atau antusias belajar PAI, padahal peranan PAI bukan hanya sekedar sebagai pengetahuan seperti halnya di luar negeri, tapi yang terpenting adalah internalisasi nilai-nilai agama pada akhlak keseharian.
Perbedaan antara pendidikan agama di Indonesia dengan luar negeri misalnya di beberapa sekolah di Inggris, terletak pada metodologinya.
Sasaran belajar para guru adalah metodologinya, bukan materi atau kontennya. GPAI di Indonesia secara materi umumnya bagus namun masih kurang dalam penggunaan metode belajar yang menyebabkan para siswa kurang berminat atau antusias belajar PAI, padahal peranan PAI bukan hanya sekedar sebagai pengetahuan seperti halnya di luar negeri, tapi yang terpenting adalah internalisasi nilai-nilai agama pada akhlak keseharian.
Perbedaan antara pendidikan agama di Indonesia dengan luar negeri misalnya di beberapa sekolah di Inggris, terletak pada metodologinya.
Di luar negeri mereka rendah secara substantif, karena pendidikan agama hanya sebatas instrumen perekat yang ditujukan untuk menyatukan warga dengan beragam kultur. Jika tidak dikondisikan maka peluang konflik cukup besar. Karenanya pendidikan agama diarahkan untuk menghormati agama lain.
Namun kelebihannya, pendidikan agama di sana memicu peserta didik untuk mencari tahu lebih besar, mereka begitu antusias, banyak bertanya dan mendorong belajar lebih kreatif.
Dengan metodologi yang baik, maka tujuan pembelajaran agama di sana tercapai dengan optimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar