Trankrip Wawancara
Hari/ Tanggal :
Jum’at, 12-02-2016
Waktu : 08.15-9.30
Informan :
Wakil Kepala Sekolah
Tempat :
Ruang Wakil Kepala Sekolah
NO
|
KODE
|
PELAKU
|
ISI WAWANCARA
|
1
|
W.WKS.120216
|
Peneliti
|
Apakah
bapak budi selaku kepala
sekolah MEMBUAT PERENCANAAN supervisi akademik?
|
|
|
Informan
|
“iya lah mas… perencanaan supervisi
melibatkan wakil kepala sekolah dan asesor
PKG…”
(1.W.WKS.120216)
|
2
|
W.WKS.120216
|
Peneliti
|
Apa TUJUAN
dibuatnya perencanaan program supervisi ?
|
|
|
Informan
|
“tujuan dibuatnya perencanaan agar apa yang
akan dikerjakan nanti sesuai dengan rencana yang telah diprogramkan…”
(2.W.WKS.120216)
|
3
|
W.WKS.120216
|
Peneliti
|
Siapa saja yang terlibat dalam pembuatan
jadwal perencanaan?
|
|
|
Informan
|
“…saya sendiri sebagai wakil kepala sekolah, dan asesor
PKG yang disetiap mata pelajaran itu ada 1 (satu) asesornya”. (3.W.WKS.120216)
|
4
|
W.WKS.120216
|
Peneliti
|
Dalam
menyusun progam supervisi, mengenai waktu, tempat dan materi yang akan
disampaikan guru untuk disupervisi, bagaimana cara menginformasikanny?
|
|
|
Informan
|
“…nanti
itu akan dalakukan pemberitahuannya dalam rapat…” (4.W.WKS.120216)
|
5
|
W.WKS.120216
|
Peneliti
|
Apa
tujuan dilaksanakan supervisi akademik?
|
|
|
Informan
|
“tujuannya
untuk meningkatkan kualitas akademik bapak/ibu guru”. (5.W.WKS.120216)
|
6
|
W.WKS.120216
|
Peneliti
|
Dalam
hal PELAKSANAAN supervisi, teknik/metode apa yang bapak budi terapkan?
|
|
|
Informan
|
“supervisi
kelas, rapat yang berkenaan dengan kegiatan akademik…”. (6.W.WKS.120216)
|
7
|
W.WKS.120216
|
Peneliti
|
Kapan
dilaksanakan rapat?
|
|
|
Informan
|
“bayak
kegiatan rapat… rapat yang mana? Kalau kegiatan supervisi guru dasampaikan
pada awal-awal semester, semester genap dan ganjil. Kalau yang sering
diadakan rapat adalah hal hal yang sifatnya urgent berkaitan dengan akademik
akan disampaikan segera…” (7.W.WKS.120216)
|
8
|
W.WKS.120216
|
Peneliti
|
Siapa
saja yang membatu atau mendampingi bapak budi dalam kegiatan RAPAT GURU?
|
|
|
Informan
|
“saya sebagai wakil kepala sekolah mendampingi kepala sekolah dalam rapat dewan guru, saya diberikan waktu untuk membacakan jadwal
pelaksanaan supervisi…, dalam rapat guru itu juga menginformasikan kepada
seluruh guru bidang studi untuk menyerahkan perangkat pembelajaran…”. (8.W.WKS.120216)
|
9
|
W.WKS.120216
|
Peneliti
|
Apa
saja bentuk pembinaan/supervisi melalui rapat guru?
|
|
|
Informan
|
“pembinaan
seperti pembuatan perangkat mengajar (program tahunan, program semester, dll
yang berkaitan dengan perangkat), motovasi kerja guru, dan bentuk
informasi-informasi laen…” (9.W.WKS.120216)
|
10
|
W.WKS.120216
|
Peneliti
|
Apa
tujuan supervis kunjungan kelas?
|
|
|
Informan
|
“eghh…. Superpvisi kunjungan kelas itu
untuk mengetahui secara langsung kegiatan KBM guru di kelas” (10.W.WKS.120216)
|
11
|
W.WKS.120216
|
Peneliti
|
Apakah
ada TIM pembantu dalam supervisi?
|
|
|
Informan
|
“…ada pak…, Tim itu dari asesor PKG dan
wakil kepala sekolah saya sendiri…”
Tugas
supervisi utama
itukan tanggung jawab kepala sekolah
berlangsung periodik dalam
melaksanakan
tugasnya. karena jumlah guru di SMPN 1 ini banyak, maka kepala sekolah meminta
bantuan wakilnya
atau guru senior untuk membantu
melaksanakan supervisi…” “…permasalahan kesibukan kepala sekolah memang luar
biasa mas…, saya pernah menggantikan pelaksanaan jadwal supervisi kepala
sekolah…, juga pernah pula saya tidak bisa waktu itu untuk mensupervisi,
tersebab saya ada jam mengajar di kelas… lalu digantikan oleh tim asesor…” (11.W.WKS.120216)
|
12
|
W.WKS.120216
|
Peneliti
|
Apa yang menjadi fokus penilaian kegiatan pembelajaran?
|
|
|
Informan
|
“kegiatan guru didalam kelas, mulai dari pembukaan,
inti dan menutup pelajaran. Itu semua ada instrument pemantauan pelaksanaan
pembelajaran”. (12.W.WKS.120216)
|
13
|
W.WKS.120216
|
Peneliti
|
Seperti
apa format penilain dalam kegiatan pembelajaran?
|
|
|
Informan
|
“wakil
kepala sekolah memberikan format penilaian: istrumen perencanaan pbm,
instrument pemantauan pbm, daftar pernyataan setelah observasi, instrument
tindak lanjut hasil supervisi akademik” (13.W.WKS.120216)
|
14
|
W.WKS.120216
|
Peneliti
|
Apa alasan utama dilakukannya PEMBICARAAN INDIVIDU?
|
|
|
Informan
|
“…karena
hal penting kepada guru yang bersangkutan: mungkin karena masalah kedinasan
atau karena punya masalah dalam akademik ” (14.W.WKS.120216)
|
15
|
W.WKS.120216
|
Peneliti
|
Dalam hal PEMBICARAAN INDIVIDU, dalam prakteknya dimana
dilakukan oleh kepala sekolah?
|
|
|
Informan
|
“urusan
kedinasan yang perlu diketahui oleh kepala sekolah, permasalahan guru yang
berkaitan dengan akademik. ”. (15.W.WKS.120216)
|
16
|
W.WKS.120216
|
Peneliti
|
Mengenai EVALUASI SUPERVISI, bagaimana cara bapak budi
dalam melakukan evaluasi akademik guru?
|
|
|
Informan
|
“efaluasinya… bisa dilakukan ketika proses berlangsung
dan setelah kegiatan supervisi…”. (16.W.WKS.120216)
|
17
|
W.WKS.120216
|
Peneliti
|
Apa
tujuan dilakukannya evaluasi supervisi akademik?
|
|
|
Informan
|
“untuk
mengukur keberhasilan kinerja guru dalam akademik… dalam evaluasi tersebut
kemungkinan ditemukan berbagai hal yang menyimpang pada guru, yang nantinya
akan dilakukan perbaikan.. saya pikir begitu…” (17.W.WKS.120216)
|
18
|
W.WKS.120216
|
Peneliti
|
Bagaimana bapak budi melakukan pembinaan guru?
|
|
|
Informan
|
“pembinaan yang mana? Dalam rapat atau bagi guru yang
mempunyai masalah…?! Bagi guru yang bermasalah dalam mengajar ya tadi dengan
memanggil bpk/ibu guru untuk diajak berbicara individu di ruang kepala
sekolah”. (18.W.WKS.120216)
|
19
|
W.WKS.170216
|
Peneliti
|
Evaluasi guru yang mendapat penilaian baik dan kurang
baik dalam kinerja guru dalam akademik, bagaimana kepala sekolah dalam
MENINDAK LANJUTI HASIL EVALUASI?
|
|
|
Informan
|
“bagi
guru yang kurang baik penilaian dalam supervisi dilakukan dengan cara
pembinaan, dengan melakukan koordinasi dengan pengawas sekolah”. (19.W.WKS.120216)
|
20
|
W.WKS.120216
|
Peneliti
|
Apa FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMPAT selama kegiatan
supervisi akademik terhadap guru?
|
|
|
Informan
|
“kemampuan
kepala sekoalah bersama Timnya, apabila mereka itu bagus dalam mensupervisi itu
menjadi faktor pendukung dan sebaliknya akan jadi faktor penghambat. Dari
sarana sekolah itu juga dapat mempengaruhi kegiatan supervisi… itu yah..”.
(20.W.WKS.120216)
|
21
|
W.WKS.120216
|
Peneliti
|
Adanya hambatan/masalah dalam kegiatan supervisi, lalu
apa SOLUSI untuk mengatasi hal tersebut?
|
|
|
Informan
|
“berarti…
dibutuhkan kepala sekolah yang professional dan sarana kegiatan pembelajaran
di kelas tersedia kucup….”. (21.W.WKS.120216)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar