Trankrip Wawancara dengan WKS

Trankrip Wawancara

Hari/ Tanggal                          :             Jum’at, 12-02-2016    
Waktu                                     : 08.15-9.30
Informan                                 : Wakil Kepala Sekolah
Tempat                                    : Ruang Wakil Kepala Sekolah

NO
KODE
PELAKU
ISI WAWANCARA
1
W.WKS.120216
Peneliti
Apakah bapak budi selaku kepala sekolah MEMBUAT PERENCANAAN supervisi akademik?


Informan
“iya lah mas… perencanaan supervisi melibatkan wakil kepala sekolah dan asesor PKG…(1.W.WKS.120216)
2
W.WKS.120216
Peneliti
Apa TUJUAN dibuatnya perencanaan program supervisi ?


Informan
 “tujuan dibuatnya perencanaan agar apa yang akan dikerjakan nanti sesuai dengan rencana yang telah diprogramkan…” (2.W.WKS.120216)
3
W.WKS.120216
Peneliti
Siapa saja yang terlibat dalam pembuatan jadwal perencanaan?


Informan
“…saya sendiri sebagai wakil kepala sekolah, dan asesor PKG yang disetiap mata pelajaran itu ada 1 (satu) asesornya”. (3.W.WKS.120216)
4
W.WKS.120216
Peneliti
Dalam menyusun progam supervisi, mengenai waktu, tempat dan materi yang akan disampaikan guru untuk disupervisi, bagaimana cara menginformasikanny?


Informan
“…nanti itu akan dalakukan pemberitahuannya dalam rapat…” (4.W.WKS.120216)
5
W.WKS.120216
Peneliti
Apa tujuan dilaksanakan supervisi akademik?


Informan
“tujuannya untuk meningkatkan kualitas akademik bapak/ibu guru”. (5.W.WKS.120216)
6
W.WKS.120216
Peneliti
Dalam hal PELAKSANAAN supervisi, teknik/metode apa yang bapak budi terapkan?


Informan
“supervisi kelas, rapat yang berkenaan dengan kegiatan akademik…”. (6.W.WKS.120216)
7
W.WKS.120216
Peneliti
Kapan dilaksanakan rapat?


Informan
“bayak kegiatan rapat… rapat yang mana? Kalau kegiatan supervisi guru dasampaikan pada awal-awal semester, semester genap dan ganjil. Kalau yang sering diadakan rapat adalah hal hal yang sifatnya urgent berkaitan dengan akademik akan disampaikan segera…” (7.W.WKS.120216)
8
W.WKS.120216
Peneliti
Siapa saja yang membatu atau mendampingi bapak budi dalam kegiatan RAPAT GURU?


Informan
“saya sebagai wakil kepala sekolah mendampingi kepala sekolah dalam rapat dewan guru, saya diberikan waktu untuk membacakan jadwal pelaksanaan supervisi…, dalam rapat guru itu juga menginformasikan kepada seluruh guru bidang studi untuk menyerahkan perangkat pembelajaran…”. (8.W.WKS.120216)
9
W.WKS.120216
Peneliti
Apa saja bentuk pembinaan/supervisi melalui rapat guru?


Informan
“pembinaan seperti pembuatan perangkat mengajar (program tahunan, program semester, dll yang berkaitan dengan perangkat), motovasi kerja guru, dan bentuk informasi-informasi laen…” (9.W.WKS.120216)
10
W.WKS.120216
Peneliti
Apa tujuan supervis kunjungan kelas?


Informan
“eghh…. Superpvisi kunjungan kelas itu untuk mengetahui secara langsung kegiatan KBM guru di kelas” (10.W.WKS.120216)
11
W.WKS.120216
Peneliti
Apakah ada TIM pembantu dalam supervisi?


Informan
“…ada pak…, Tim itu dari asesor PKG dan wakil kepala sekolah saya sendiri…”
Tugas supervisi utama itukan tanggung jawab kepala sekolah berlangsung periodik  dalam  melaksanakan  tugasnya. karena  jumlah guru di SMPN 1 ini banyak, maka kepala sekolah meminta bantuan wakilnya atau guru senior untuk  membantu melaksanakan supervisi“…permasalahan kesibukan kepala sekolah memang luar biasa mas…, saya pernah menggantikan pelaksanaan jadwal supervisi kepala sekolah…, juga pernah pula saya tidak bisa waktu itu untuk mensupervisi, tersebab saya ada jam mengajar di kelas… lalu digantikan oleh tim asesor…”  (11.W.WKS.120216)
12
W.WKS.120216
Peneliti
Apa yang menjadi fokus penilaian kegiatan pembelajaran?


Informan
“kegiatan guru didalam kelas, mulai dari pembukaan, inti dan menutup pelajaran. Itu semua ada instrument pemantauan pelaksanaan pembelajaran”. (12.W.WKS.120216)
13
W.WKS.120216
Peneliti
Seperti apa format penilain dalam kegiatan pembelajaran?


Informan
“wakil kepala sekolah memberikan format penilaian: istrumen perencanaan pbm, instrument pemantauan pbm, daftar pernyataan setelah observasi, instrument tindak lanjut hasil supervisi akademik” (13.W.WKS.120216)
14
W.WKS.120216
Peneliti
Apa alasan utama dilakukannya PEMBICARAAN INDIVIDU?


Informan
“…karena hal penting kepada guru yang bersangkutan: mungkin karena masalah kedinasan atau karena punya masalah dalam akademik ” (14.W.WKS.120216)
15
W.WKS.120216
Peneliti
Dalam hal PEMBICARAAN INDIVIDU, dalam prakteknya dimana dilakukan oleh kepala sekolah?


Informan
“urusan kedinasan yang perlu diketahui oleh kepala sekolah, permasalahan guru yang berkaitan dengan akademik. ”. (15.W.WKS.120216)
16
W.WKS.120216
Peneliti
Mengenai EVALUASI SUPERVISI, bagaimana cara bapak budi dalam melakukan evaluasi akademik guru?


Informan
“efaluasinya… bisa dilakukan ketika proses berlangsung dan setelah kegiatan supervisi…”. (16.W.WKS.120216)
17
W.WKS.120216
Peneliti
Apa tujuan dilakukannya evaluasi supervisi akademik?


Informan
“untuk mengukur keberhasilan kinerja guru dalam akademik… dalam evaluasi tersebut kemungkinan ditemukan berbagai hal yang menyimpang pada guru, yang nantinya akan dilakukan perbaikan.. saya pikir begitu…” (17.W.WKS.120216)
18
W.WKS.120216
Peneliti
Bagaimana bapak budi melakukan pembinaan guru?


Informan
“pembinaan yang mana? Dalam rapat atau bagi guru yang mempunyai masalah…?! Bagi guru yang bermasalah dalam mengajar ya tadi dengan memanggil bpk/ibu guru untuk diajak berbicara individu di ruang kepala sekolah”. (18.W.WKS.120216)
19
W.WKS.170216
Peneliti
Evaluasi guru yang mendapat penilaian baik dan kurang baik dalam kinerja guru dalam akademik, bagaimana kepala sekolah dalam MENINDAK LANJUTI HASIL EVALUASI?


Informan
“bagi guru yang kurang baik penilaian dalam supervisi dilakukan dengan cara pembinaan, dengan melakukan koordinasi dengan pengawas sekolah”. (19.W.WKS.120216)
20
W.WKS.120216
Peneliti
Apa FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMPAT selama kegiatan supervisi akademik terhadap guru?


Informan
“kemampuan kepala sekoalah bersama Timnya, apabila mereka itu bagus dalam mensupervisi itu menjadi faktor pendukung dan sebaliknya akan jadi faktor penghambat. Dari sarana sekolah itu juga dapat mempengaruhi kegiatan supervisi… itu yah..”. (20.W.WKS.120216)
21
W.WKS.120216
Peneliti
Adanya hambatan/masalah dalam kegiatan supervisi, lalu apa SOLUSI untuk mengatasi hal tersebut?


Informan
“berarti… dibutuhkan kepala sekolah yang professional dan sarana kegiatan pembelajaran di kelas tersedia kucup….”. (21.W.WKS.120216)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...