34. PERLUKAH ILMU PENGETAHUAN YANG TERKANDUNG DALAM AL-QUR’AN DISAMPAIKAN SECARA UMUM…?

Karena Nabi Muhammad telah ditentukan Allah sbgai pmberi kbr gembira dn pringatan bg manusia semuanya, memang perlu sekali ilmu pengetahuan yg trkandung dlm qur’an disampaikan scr luas dan umum, baik kpd orang diluar Islam, terutama sekali kpd penganut agama yg diturunkan Allah.
Sebaliknya Allah mengancam orang yg sengaja mnyembunyikan ilmu pengetahuan qur’an karena memang semua itchuu adalah untuk ketinggian pradaban manusia dan untuk ketinggian Islam sendiri. Hal ini dinyatakan Alla pada QS. 2/159 jo. 9/33
1.  Kedalam :
Ilmu pengetahuan hrs disampaikan dlm masjid, sekolah dan tmpat pendidikan lainnya dg kurikulum tertentu. Bagitupun dlm sedang umum dan pd prtemuan yg sring berlaku dlm msyarakat diman pokok ilmu yg terkandung dlm qur’an dpt disebarkan untuk sama difahami dan dilaksanakan buat kepentingan hidup bersama.
Penyampaian kedalam ini bersifat :
a. Memberikan perngertian tentang sesuatu yg selam ini belum diketahui ataupun belum difahami sepenuhnya
b.  Menambah pengertian yg telah diketahui umum dg penganalisaan yg lebih mendalam
c.  Memperkuat mental masyarakat yg ditetapkan Allah dalam qur’an
d. Mencegah timbulnya maksud dan tindakan yg mungkin bertentangan dg hukum Islam
e. Menimbulkan hasyat dan kegiatan yg lebih besar untuk ikut berlomba mencapai ketinggian hidup di bidang social, teknik dan politik berjiwa tauhid.
Hal ini ditentukan dalam QS. 3/104, 6/51, 26/204 dll, dilaksanakan secara tulisan, lisan dan berbentuk perbuatan.
2.  Keluar :
Ilmu pengetahuan yg terkandung dlm qur’an hrs disebarluaskan scr tertulis brbentuk surat, majalah, brosur atau buku-buku. Bila perlu dpt dpt jg dilakukan brbentuk gambar, televise, dan radio, tetapi tidaklah praktis jk dilaksanakan dg lisan secara berhadapan.
Hal ini didasarkan atas ketentuan Allah tercantum pd QS. 2/159, 16/44, 16,64, 22/67 dan 42/15.

Bagi kedua penyebaran ilmu diatas, baiklah orang sama memahami maksud ayat :
2/159. 159. Sesungguhnya orang-orang yang Menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam Al Kitab, mereka itu dila'nati Allah dan dila'nati (pula) oleh semua (mahluk) yang dapat mela'nati.
_______________
NS

https://soundcloud.com/nanamasruri/34-perlukah-ilmu-pengetahuan-disampaikan-secara-umum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...