RPP PAI MODEL DARING KELAS 8 BAB VII

 

Silahkan downloard DISINI

Bagi pembaca yang budiman ingin mendowloard RPP PAI KELAS 8 MODEL DARING BAB I, silahkan klik DISINI

(RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING


Sekolah                            : SMPN 1 MAGETAN

Mata Pelajaran                : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester              : VIII/Ganjil

Materi Pokok                  : Berbuat Baik, Hormat, dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru

Alokasi Waktu                 : 3 Jam Pelajaran @40 Menit

A.     Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak penjelasan materi dalam video youtube (klik disini) yang dikirim guru Melalui Grup Telegram/Whatsapp, peserta didik diharapkan dapat:

  1. Menghayati ajaran berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru adalah perintah agama
  2. Menunjukkan perilaku berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari
  3. Mengidentifikasi contoh-contoh nyata berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai sumber.
  4. Mendemontrasikan/mensosiodramakan contoh perilaku berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru.

B.      Model Pembelajaran& Sumber Belajar

  •     STUDYSASTER merupakan sebuah inovasi berupa model pembelajaran untuk mengintegrasikanpendidikan kebencanaan dalam kegiatan belajar mengajar, dengan tujuan meningkatkan minat siswa belajarkebencanaan
  •       Sumber Belajar: Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII, Kemendikbud, Tahun 2016

C.      Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran dipandu melalui grup Whatsapp, dan siswa mengisi daftar hadir Online Yang dikirim Guru ke Grup Whatsapp

Melalui Grup Telegram/Whatsappguru Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

Contoh-contoh nyata berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari dan kesuksesan yang diawali dari sikap berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru.

Melalui Grup Telegram/Whatsappguru Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

Kegiatan Inti ( 90 Menit )

Kegiatan Literasi

Melalui Grup Telegram/WhatsappPeserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Contoh-contoh nyata berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari dan kesuksesan yang diawali dari sikap berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru.

Critical Thinking

Melalui Grup Telegram/WhatsappGuru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Contoh-contoh nyata berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari dan kesuksesan yang diawali dari sikap berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru.

Collaboration

Peserta didik bersama orang tua mendiskusikan, mengumpulkan informasi, kemudian melalaui aplikasi ZOOM siswa mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi dengan siswa lain mengenai Contoh-contoh nyata berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari dan kesuksesan yang diawali dari sikap berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru.

Communication

Melalui Grup Telegram/WhatsappPeserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Melalui Grup Telegram/WhatsappGuru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Contoh-contoh nyata berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari dan kesuksesan yang diawali dari sikap berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

D.     Penilaian Hasil Pembelajaran

1.     Penilaian Skala Sikap

2.    Penilaian “Membaca dengan Tartil”

3.    Penilaian Diskusi

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

TITIK SUDARTI, S.Pd, M.Pd

Magetan, 11 Juli 2020

GPAI dan Budi Pekerti

 

 

 

 

NANA MASRURI, S.Pd.I

NIP. 19630207 198403 2 009

NIP.19800508 200901 1 003

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...