Trankrip Wawancara

Trankrip Wawancara

Hari/ Tanggal                          :             Rabu, 10-02-2016      
Waktu                                     : 09.30 – 11.30
Informan                                 : Kepala Sekolah
Tempat                                    : Ruang Kepala Sekolah

NO
KODE
PELAKU
ISI WAWANCARA
1
W.KS.100216
Peneliti
Apakah bapak budi selaku kepala sekolah MEMBUAT PERENCANAAN sebelum melaksanakan supervisi akademik?
Informan
“ya… saya selalu membuat perencanaan supervisi, pembuatannya…. Melalui rapat kecil pada awal tahun pelajaran atau awal semester, saya dibantu oleh wakil kepala sekolah dan asesor…yang telah dibentuk sebelumnya”
“…saya berusaha meminit, kelompok… kelompok… kelompok…, iki tanganono… tanganono… tanganono…, walaupun sebenarnya semua itu adalah tugas saya…, lah bagaimana ga’ wira-wiri…, kadang di SMPN 4, kadang di SMPN 1 Magetan, belum lagi tugas diluar sekolah…” (1. W.KS.100216)
2
W.KS.100216
Peneliti
Apa TUJUAN dibuatnya perencanaan program supervisi ?
Informan
“…tujuannya itu adalah untuk…(termenung sambil berfikir sejenak) untuk… e.. e.. untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan supervisi akademik, serta… e.. e.. mempermudah dalam pelaksanaan tindak lanjut hasil supervisi… seperti itu mas…” (2.W.KS.100216)
3
W.KS.100216
Peneliti
Siapa saja yang terlibat dalam pembuatan jadwal perencanaan?
Informan
“e…. penyusunan jadwal menyesuaikan jam mengajar guru dan asesor… ya tadi..! mengingat Tim tersebut dari guru yang juga mempunyai jam aktif mengajar… (3.W.KS.100216)



4
W.KS.100216
Peneliti
Dalam menyusun progam supervisi, mengenai waktu, tempat dan materi yang akan disampaikan guru untuk disupervisi, bagaimana cara menginformasikannya?
Informan
“…pemberitahuan jadwal supervisi di pajang dalam papan pengumuman, kemudian…. satu hari sebelum pelaksanaan guru mengumpulkan perangkat pembelajaran, tentunya pemberitaan ini juga telah disampaikan dalam rapat seluruh dewan guru…”
(4.W.KS.100216)
“…ini, mas bisa lihat…! pada jadwal program supervisi ini (kepala sekolah dengan bersemangat menunjukkan lembar program supervisi), yang memuat informasi tentang waktu, tempat pelaksanaan, materi yang akan disampaikan oleh bapak ibu guru dan metode apa yang di gunakan pembelajarannya…”. (4. W.KS.100216)
5
W.KS.100216
Peneliti
Apa tujuan dilaksanakan supervisi akademik?
Informan
“ehhh… tujuan dilaksanakannya supervisi ini adalah untuk memberikan bantuan atau bimbingan kepada tenaga pengajar untuk mengembangkan kompetensinya guru dalam mengelola pembelajaran agar berjalan dengan efektif”. (5.W.KS.100216)
6
W.KS.100216
Peneliti
Dalam hal PELAKSANAAN supervisi, teknik/metode apa yang bapak budi terapkan?
Informan
“…teknik individu, supervisi kepada guru tertentu… yang mempunyai masalah perorangan, kemudian kunjungan kelas adalah supervisi kepada guru untuk mengamati proses KBM… dan ada hal-hal lain yang disampaikan dalam rapat yang menyangkut permasalahan dengan sekolah dan tek-tek bengeknya…, guru, siswa, atministrasi manajerial, maupun pembelajaran/akademik…, seperti mas kemaren hari sabtu tanggal 13 kan mengikuti rapat, jenengan ikutkan…?, salah satunya membahas tentang 8 standar pendidikan, sekaligus penugasan kepada guru pada masing-masing standar…. Hemm.. (sambil menghela nafas dalam-dalam)” (6.W.KS.100216)
7
W.KS.100216
Peneliti
Kapan dilaksanakan rapat?
Informan
Teknik rapat saya lakukan di awal tahun pelajaran atau awal semester.
(7. W.KS.100216).
8
W.KS.100216
Peneliti
Siapa saja yang membatu atau mendampingi bapak budi dalam kegiatan RAPAT GURU?
Informan
“Saya didampingi oleh wakil kepala sekolah (8. W.KS.100216).
9
W.KS.100216
Peneliti
Apa saja bentuk pembinaan/supervisi melalui rapat guru?
Informan
“…banyak hal mas… yang saya disampaikan pada rapat guru, informasi tentang akademik atau manajerial, memotifasi guru dalam bekerja dan motifasi guru prestasi seperti halnya ibu widarti maju sebagai guru prestasi, bimbingan profesi dalam kegiatan PBM, demikian juga berfungsi untuk menampung aspirasi guru…, pokoknya setiap ada informasi yang berkaitan dengan akademik, saya akan mengumpulkan guru untuk mengadakan rapat, dan saya sampaikan untuk segera ditindak lanjuti bersama…” (9.W.KS.100216)
10
W.KS.100216
Peneliti
Apa tujuan supervis kunjungan kelas menurut pak budi?
Informan
“tujuan supervisi di dalam kelas adalah untuk… e.. e.. melihat secara nyata bagaimana guru mengajarnya, bagaimana guru mengkondisikan siswa, bagaimana penyampaian materinya dan metode apa yang digunanakan oleh guru di dalam kelas, apakah sudah sesuai dengan tema… atau sudahkah sesuai dengan situasi dan kondisi… baik itu kondisi kelas maupun kondisi anak didik dalam kelas….dll (kepala sekolah sambil menunjukkan format instrument pemantaun pelaksanaan pebelajaran).
“…melihat secara nyata metode apa yang digunanakan oleh guru di dalam kelas, apakah sudah sesuai dengan tema… atau sudahkah sesuai dengan situasi dan kondisi… baik itu kondisi kelas maupun kondisi anak didik dalam kelas….” (10.W.KS.100216)
11
W.KS.100216
Peneliti
Apakah ada TIM pembantu dalam supervisi?
Informan
“…delegasi supervisi sebenarnya kepada wakil kepala sekolah mas…, atau kalau wakil kepala sekolah tidak mencukupi ya.. kepada asesor PKG yang lain…”. (11.W.KS.100216)
“…jika ada sesuatu hal yang mendesak, saya digantikan oleh wakil kepala sekolah atau asesor…, seperti contoh e… e… (kepala sekolah berfikir sambil mengelus-elus kumis tipisnya) …jadwal supervisi hari rabu jam 10 adalah mensupervisi guru mata pelajaran Bhs Indonesia, ketika ada panggilan mendadak untuk hadir pada jam 10, padahal dalam waktu yang bersamaan ada jadwal supervisi, hhnnnaah… hal demikian Tim pembantu supervisi inilah yang akan menggantikan kegiatan supervisi saya tadi…”
(11.W.KS.100216)
12
W.KS.100216
Peneliti
Apa yang menjadi fokus penilaian kegiatan pembelajaran?
Informan
gini mas… dalam pelaksanaan supervisi, yang saya nilai dalam kegiatan supervisi diantaranya adalah kelengkapan perangkat dan perencanaan sesuai dengan instrument, lalu… menilai, mulai dari pra kunjungan kelas, kegiatan pembelajaran dan setelah kunjungan kelas…”
(12.W.KS.100216)
13
W.KS.100216
Peneliti
Seperti apa format penilain dalam kegiatan pembelajaran?
Informan
“ini…. (kepala sekolah sambil menunjukkan format penilaian administrasi pembelajaran, penilaian kegiatan pembelajaran), yang memuat bergai hal yang menjadi penilaian supervisi guru”. oh ya… ini masalah penilaian… guru dinilai oleh kepala sekolah/Tim, sedangkan Tim siapa yang menialai…? Ya kepala sekolah, saya oleh pengawas sekolah..” (13.W.KS.100216)
14
W.KS.100216
Peneliti
Apa alasan utama dilakukannya PEMBICARAAN INDIVIDU?
Informan
“…pertemuan individu adalah untuk menghilangkan dan menghindari segala prasangka yang bukan-bukan, hal ini agar tidak merasa tersinggung bila disebutkan nick-name nya di hadapan rekan guru yang lain.., seperti masalah absensi kehadiran, guru yang memberikan nilai dibawah KKM, masalah pedagogik diantara beberapa guru matapelajaran tertentu…”. (14.W.KS.100216)
15
W.KS.100216
Peneliti
Dalam hal PEMBICARAAN INDIVIDU, dalam prakteknya bapak lakukan dimana?
Informan
Bagi para guru yang mempunyai masalah dalam menjalankan tugasnya sebagai guru, yang tidak sesuai dengan tupoksinya saya ajak berbicara di ruang saya, pernah juga diruang wakil kepala sekolah maupun di ruang kaur. Begitu juga hal itu bisa saya lakukan sehabis upacara di halaman sekolah…”  (15.W.KS.100216)
16
W.KS.100216
Peneliti
Mengenai EVALUASI SUPERVISI, bagaimana cara bapak budi dalam melakukan evaluasi akademik guru?
Informan
Alur untuk mengevaluasi gini… dengan menghimpun seluruh instrument evaluasi yang digunakan guru, kemudian dijabarkan dalam laporan evaluasi akhhir pembelajaran”. “Dalam kegiatan evaluasi, seorang guru harus bisa mebedakan mana yang tergolong dalam kegiatan evaluasi hasil belajar dan mana pula yang tergolong dalam kegiatan evaluasi pembelajaran”. “ada dua macam evaluasi supervisi akademik, evaluasi proses, ini saya lakukan seketika disaat supervisi sedang berlangsung, dan evalusi di akhir akhir semester”. (16.W.KS.100216)



17
W.KS.100216
Peneliti
Apa tujuan dilakukannya evaluasi supervisi akademik?
Informan
“e… evaluasi ini berkaitan dengan program supervisi, kan ada perencanaan program supervisi, pelaksanaan supervisi, evaluasi supervisi dan yang paling akhir tindak lanjut atau bagaimana menindaklanjuti dari hasil dari evaluasi. Evaluasi tersebut adalah untuk melihat sajauh mana dari perencanaan program yang telah dibuat…, dengan evaluasi itu juga diketahui kesulitan-kesulitan guru dalam proses belajar mengajar…”
“ini mas… (kepala sekolah menunjukkan instrument supervisi) dalam evaluasi ini semua bertujuan untuk mengukur program kerja, apakah sudah tercapai atau belum, apa yang sekiranya perlu perbaikan… hnaah… evaluasi saya bukan hanya bidang akademik saja mas…, disamping evaluasi akademik juga tugas saya untuk mengevaluasi manajerial… (kepala sekolah sambil menyingkap rambut dan menyandarkan punggun dikorsi, dengan menghela nafas sambil mengangguk-anggukkan kepala sampai kursi pun ikut bergoyang)”. (17.W.KS.100216)
18
W.KS.100216
Peneliti
Bagaimana bapak budi melakukan pembinaan guru?
Informan
“yah… saya mengupayakan hubungan harmonis terlebih dahulu, bukan berarti nanti akan mengadili guru dan mencari kesalahan dari bapak ibu guru disini…, bagi para guru yang mempunyai masalah dalam menjalankan tugasnya sebagai guru, yang tidak sesuai dengan tupoksinya saya ajak berbicara di ruang saya, pernah juga diruang wakil kepala sekolah maupun di ruang kaur. Begitu juga hal itu bisa saya lakukan sehabis upacara di halaman sekolah…”  (18.W.KS.100216)



19
W.KS.100216
Peneliti
Evaluasi guru yang mendapat penilaian baik dan kurang baik dalam kinerja guru dalam akademik, bagaimana bapak MENINDAK LANJUTI HASIL EVALUASI SUPERVISI?
Informan
“hasil pembelajaran yang baik dipertahankan, bagi guru yang memperoleh hasil yang kurang baik dimohon untuk dilengkapi dan diperbaiki, baik dalam hal kelengkapan pembelajaran maupun proses dalam kegiatan pembelajarannya di dalam kelas…”.
Lengkapnya: Secara garis besar persiapan mengajar bapak/ibu guru sudah baik.
Secara garis besar pelaksanaan pembelajaran di kelas, adalah sesuai dengan criteria penilaian dengan nilai baik. Kegiatan Menutup pembelajaran, sudah baik. Bagi guru yang belum mengintegrasikan nilai-nilai karakter pada RPP, harap segera membuat. Bagi guru yang administrasinya ada kekurangan harap segera dilengkapi Bagi guru yang administrasinya belum membuat harap segera dibuat. (19.W.KS.100216)
20
W.KS.100216
Peneliti
Apa FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMPAT selama kegiatan supervisi akademik terhadap guru?
Informan
“e… faktor… (kepala sekolah sambil menggaruk-garuk lehernya) faktor pendorong dalam pelaksanaan supervisi diantaranya mewujudkan sekolah terdepan di Magetan, jadwal supevisi telah terprogam dengan baik, Tim Supervisi yang bekerja ulet dan sangat professional, sehingga membuat saya lebih bergairah e... dalam kegiatan supervisi akadimik ini… ” (20.W.KS.100216)
“kalau…. faktor penghambat kegiatan supervisi adalah saya mengemban di 2 (dua) sekolah, sehingga saya harus meminit waktu dengan sebaik-baiknya, sepertihalnya kegitan supervisi akademik ini… saya juga mempunyai tanggung jawab untuk mensupervisi di SMPN 4 Magetan, disamping melaksanakan supervisi di sekolah ini…, hal lain seperti rapat, administrasi sekolah dan laporan-laporan yang lainnya…”. (W.KS.100216)
“beckground saya kan Bhs Indonesia…, sedangkan kemampuan saya dalam bidang Bhs Inggris lemah sekali…, yah bisalah kalau mensupervisi dari segi administrasinya saja…”. (20.W.K.s.100216)
21
W.KS.100216
Peneliti
Adanya hambatan/masalah dalam kegiatan supervisi, lalu apa SOLUSI untuk mengatasi hal tersebut?
Informan
“masalah seperti tadi… Tim pembantu supervisi inilah yang akan menggantikan kegiatan supervisi saya tadi… oleh karena itu, dalam mensupervisi guru-guru, saya membuat Tim Supervisi…, gunanya untuk membantu saya dalam pelaksanaan kegiatan supervisi akademik di SMPN 1 Magetan” (21.W.KS.100216)
“saya malakukan hubungan kerja sama dengan guru bidang studi yang telah ditunjuk menjadi asesoratau pengawas rumpun  mata  pelajaran  untuk  mengatasi  kesulitan  yang  dialami guru”. (21.W.KS.100216)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...