Transkrip Hasil Observasi Kelas
Nama sekolah :
SMP Negeri 1 Magetan
Nama guru : Siti Mariyam, M. Pd
Mata
pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas : VII
“Peneliti sebelumnya telah
mengetahui jadwal supervisi akademik kepala sekolah terhadap guru, dimana
peneliti mengadakan observasi supervisi kepala sekolah terhadap guru PAI Ibu
Siti Mariyam M.Pd.I. Peneliti menemui guru PAI di ruang guru dan menanyakan persiapan
apa saja yang hendak dibawa dalam kelas. Diantara bahan yang dibawa oleh guru
PAI adalah Buku wajib, LKS, Perangkat administrasi mengajar yang terdiri dari
Jurnal mengajar, Silabus, RPP, Absensi siswa, Buku nilai dan Laptop sebagai
media mengajar. Selanjutnya sesuai jadwal supervisi yang telah ditentukan,
kepala sekolah dan guru yang akan disupervisi menuju ke ruangan kelas. Kepala
sekolah mengambil posisi di belakang
kelas sambil mengamati jalannya proses PBM dengan membawa bahan yang telah
dipersiapkan oleh supervisor berupa Instrument supervisi dan Instrument
obserfasi. Setelah KBM selesai supervisor bersama dengan guru PAI binaan menuju
ke ruangan kepala sekolah. Supervisor memberikan ulasan atau evaluasi terhadap
KBM yang baru saja dilaksanakan. Setelah mengevaluasi selanjutnya supervisor
memberikan masukan bedasarkan hasil pengawasan yang dilakukannya.”
(O.KS.250216)
no
|
Aspek yang diobservasi
|
Hasi observasi
|
1
|
Tahap sebelum Observasi
|
- Peneliti mengamati apa saja persiapan guru
senior yang harus dibawa sebelum proses belajar mengajar didalam kelas.
Temuan peneliti adalah seperangkat administrasi
pembelajaran yang meliputi : RPP, Silabus, Buku mengajar, LKS, jurnal
mengajar, daftar hadir siswa, daftar nilai, Laptop.
|
2
|
Tahap pelaksanaan
|
- Peneliti, supervisor dan guru senior masuk
kedalam kelas, supervisor mengambil tempat/posisi paling belakang dan
menyaksikan peragaan guru yang akan disupervisi.
- Pelaksanaan pebelajaran berjalan dengan
tertib dan lancar.
- Kejelasan konsep dan penyampaian materi
baik.
- Menggunakan media/alat power-point
sebagai sarana pembelajaran.
- Intonasi/suara guru dalam mengajar baik
dan cukup jelas.
- Pengelolaan kelas baik, siswa dibentuk
kelompok dengan metode diskusi dan bemberian tugas, yang sebelumnya guru
menerangkan materi yang akan didiskusikan.
- Interaksi guru dengan siswa, dan siswa
dengan siswa berjalan baik dan lancar.
- Pengaturan waktu efektif dan efisien.
- Guru mengadakan Tanya jawab pada setiap
kelompok, dimana penilaian didasarkan pada nilai satu kelompok, bila salah
satu kelompok menjawab dengan baik dan bernar, maka satu kelompok mendapat
nilai yang sama setiap anggota kelompok.
|
3
|
Tahap sesudah observasi dan evaluasi
|
- Kesan penampian guru dalam mengajar
diutarana oleh supervisor dengan ungkapan ‘menarik, bagus, dan lancar’
- Supervisor membacakan hasil observasi
dalam instrument pembelajaran beserta rubrikk penilaianya, instrument
observasi kelas beserta rubrik penilaiaanya.
- Supervisor membuat pertanyaan yang
tersusun dalam daftar pertanyaan setelah observasi.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar