Trankrip Hasil Observasi

Transkrip Hasil Observasi Kelas

Nama sekolah              :  SMP Negeri 1 Magetan
Nama guru                  :  Siti Mariyam, M. Pd
Mata pelajaran             :  Pendidikan Agama Islam
Kelas                           :  VII

“Peneliti sebelumnya telah mengetahui jadwal supervisi akademik kepala sekolah terhadap guru, dimana peneliti mengadakan observasi supervisi kepala sekolah terhadap guru PAI Ibu Siti Mariyam M.Pd.I. Peneliti menemui guru PAI di ruang guru dan menanyakan persiapan apa saja yang hendak dibawa dalam kelas. Diantara bahan yang dibawa oleh guru PAI adalah Buku wajib, LKS, Perangkat administrasi mengajar yang terdiri dari Jurnal mengajar, Silabus, RPP, Absensi siswa, Buku nilai dan Laptop sebagai media mengajar. Selanjutnya sesuai jadwal supervisi yang telah ditentukan, kepala sekolah dan guru yang akan disupervisi menuju ke ruangan kelas. Kepala sekolah mengambil posisi di belakang kelas sambil mengamati jalannya proses PBM dengan membawa bahan yang telah dipersiapkan oleh supervisor berupa Instrument supervisi dan Instrument obserfasi. Setelah KBM selesai supervisor bersama dengan guru PAI binaan menuju ke ruangan kepala sekolah. Supervisor memberikan ulasan atau evaluasi terhadap KBM yang baru saja dilaksanakan. Setelah mengevaluasi selanjutnya supervisor memberikan masukan bedasarkan hasil pengawasan yang dilakukannya.” (O.KS.250216)

no
Aspek yang diobservasi
Hasi observasi
1
Tahap sebelum Observasi
-     Peneliti mengamati apa saja persiapan guru senior yang harus dibawa sebelum proses belajar mengajar didalam kelas. Temuan peneliti adalah seperangkat  administrasi pembelajaran yang meliputi : RPP, Silabus, Buku mengajar, LKS, jurnal mengajar, daftar hadir siswa, daftar nilai, Laptop.
2
Tahap pelaksanaan
-     Peneliti, supervisor dan guru senior masuk kedalam kelas, supervisor mengambil tempat/posisi paling belakang dan menyaksikan peragaan guru yang akan disupervisi.
-     Pelaksanaan pebelajaran berjalan dengan tertib dan lancar.
-     Kejelasan konsep dan penyampaian materi baik.
-     Menggunakan media/alat power-point sebagai sarana pembelajaran.
-     Intonasi/suara guru dalam mengajar baik dan cukup jelas.
-     Pengelolaan kelas baik, siswa dibentuk kelompok dengan metode diskusi dan bemberian tugas, yang sebelumnya guru menerangkan materi yang akan didiskusikan.
-     Interaksi guru dengan siswa, dan siswa dengan siswa berjalan baik dan lancar.
-     Pengaturan waktu efektif dan efisien.
-     Guru mengadakan Tanya jawab pada setiap kelompok, dimana penilaian didasarkan pada nilai satu kelompok, bila salah satu kelompok menjawab dengan baik dan bernar, maka satu kelompok mendapat nilai yang sama setiap anggota kelompok.  
3
Tahap sesudah observasi dan evaluasi
-     Kesan penampian guru dalam mengajar diutarana oleh supervisor dengan ungkapan ‘menarik, bagus, dan lancar’
-     Supervisor membacakan hasil observasi dalam instrument pembelajaran beserta rubrikk penilaianya, instrument observasi kelas beserta rubrik penilaiaanya.
-     Supervisor membuat pertanyaan yang tersusun dalam daftar pertanyaan setelah observasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...