Tentang Sholat Analisa Al-Quran:
- Sholat harus dilakukan selama/ mendekati waktu pagi dan petang [11:114, 17:78, 24:58]
- Lelaki dan perempuan dapat menegakkan sholat. [9:71]
- Mereka yang menegakkan/ menjaga sholat adalah mereka yang rukuk (rendah hati) [2:43, 5:55]
- Apakah ayat 2:43-45 sedang menjelaskan hal yang sama?
- Seseorang dapat meminta tolong melalui sholat [2:45, 2:153]
- Mereka yang mempunyai keimanan akan menegakkan sholat [2:277, 4:43, 4:162, 5:55, 8:3, 14:31, 27:3 adalah sedikit contohnya]
- Sholat dapat melibatkan aktifitas berbicara/ membaca/ pidato dan orang harus mengetahui apa yang sedang dikatakan (yaitu dengan akal pikiran yang jernih, tidak ”sukaro” [hilang kesadaran/ mabuk]). [4:43, 11:84-94]
- Seseorang harus bersih ketika menuju sholat. [4:43, 5:6]
- Sholat itu dibatasi [4:101, 4:103, 5:106, 62:10]
- Sholat bisa dipendekkan (dihentikan ?) dan dikerjakan sambil bergerak bila keadaan kurang memungkinkan [[2:238-239, 4:101]
- Dalam kondisi khawatir/ takut (dalam kondisi berperang?) dapat dilakukan dalam dua kelompok secara bergantian [4:102]
- Dapat diakhiri dengan sujud (pengakuan/ tunduk berserah diri/ menyetujui/ mendengar dan menta’ati/ menanggapi secara positif) [4:102]
- Bagi orang-orang yang beriman sholat adalah Kitab/ perintah/ undang-undang yang diatur waktunya [4:103]
- Tersirat suatu pengertian bahwa merubah perkataan dari yang semestinya, banyak melupakan apa yang seharusnya diingat adalah bagian dari pelanggaran terhadap menegakkan sholat [5:12-13]
- Orang dapat dipanggil untuk sholat [5:58, 62:9]
- Ada seseorang yang menjadikan sholat sebagai suatu permainan (kesenangan/ hiburan) [5:58]
- Apakah tidak menghormati perjanjian dalam kitab Allah dan memberikan keterangan yang salah tentang Allah berlawanan dengan berpegang teguh pada Kitab Allah dan menegakkan sholat? [7:169-170]
- Musyrikin dapat bertaubat (kembali) dan menegakkan sholat setelah mereka melanggar perjanjian [9:5, 9:11]
- Apakah ayat 9:11-12 menjelaskan adanya pertentangan antara menegakkan sholat dengan yang memutuskannya?
- Masjid-masjid (institusi-institusi pengakuan) selalu dipelihara/ dikunjungi oleh mereka yang menegakkan sholat [9:18]
- Sholat dapat dihadiri [9:54]
- Ketika mempunyai otoritas di atas bumi memungkinkan seseorang untuk menegakkan sholat dengan lebih mudah [10:87, 22:41]
- Tempat tinggal/ rumah dapat digunakan untuk menegakkan sholat [3:39, 10:87, 33:33]
- Apakah ayat 14:37 menyiratkan pengertian bahwa menempatkan keturunan seseorang pada sebuah rumah yang tidak ada tumbuh-tumbuhan memungkinkan merkea menegakkan sholat dengan lebih baik?
- Apakah ayat 17:78 menunjukkan bahwa istilah “Quran-al-fajr” dan “sholat-al-fajr” adalah saling menggantikan, yaitu dua hal yang berkaitan erat ?
- Sholat dapat terabaikan/ kehilangan maknanya jika mengikuti hawa nafsu/ keinginan [19:59, 107:5].
- Menegakkan sholat untuk mengingat/ menyebut Allah [20:14]
- Sholat mencegah/ menghalangi kejahatan dan kekejian [29:45]
- Apakah ayat 31:2-7 menjelaskan adanya pertentangan antara menegakkan sholat (yang didasarkan pada bimbingan/ system Tuhan) dengan menegakkan suatu perkataan yang tidak berguna? (perhatian dengan teliti kata ‘itu’ (HA) pada ayat 31:6)
- Apakah ayat 33:33-34 menyiratkan pengertian bahwa menegakkan sholat dikaitkan dengan mempelajari kitab Allah?
- Mereka yang menegakkan/ menjaga sholat adalah mereka yang nenerima seruan Tuhan mereka, melibatkan diri dalam konsultasi timbal balik (musyawarah) dan berbagi rizki yang diberikan oleh Allah [42:38]
- Burung-burung mengetahui sholat mereka [24:41]
- Seseorang harus mengamankan/ melindungi/ memelihara sholat yang paling sesuai/ setara/ adil/ seimbang [2:238].
Tidak ada komentar:
Posting Komentar