Transkrip Wawancara dengan Pengawas

Trankrip Wawancara

Hari/ Tanggal                         : Senitn, 22-02-2016    
Waktu                                     : 09.15 – 10.15
Informan                                 : Pengawas Sekolah
Tempat                                    : Kantor Pengawas

NO
KODE
PELAKU
ISI WAWANCARA
1
W.PS.220216
Peneliti
Apakah kepala SMPN 1 Magetan melaksanakan program supervisi akademik?


Informan
“Ya… beliau (kepala sekolah) melaksanakan supervisi akademik”. (1.W.PS.220216)
2
W.PS.220216
Peneliti
Bagaimana proses pembuatan perencanaan program supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah?


Informan
“e…. dalam pembuatan perencanaan program kepala sekolah melibatkan wakasek dan ada juga guru… e…asesor pastinya, yang dilibatkan dalam proses penyusunan program supervisi akademik, terutama dalam menentukan jadwal kunjungan kelas... yang disesuaikan dengan jam mengajar masing-masing guru, dan juga agar guru-guru dari masing-masing MAPEL mempersiapkan diri untuk dilakukan supervisi oleh kepala sekolah”. (2.W.PS.220216)
3
W.PS.220216
Peneliti
Bagaimana tanggapan bapak terhadap pelaksanaan supervisi akademik di SMPN 1 Magetan?


Informan
“Supervisi yang dilakukan kepala sekolah tentu baik sekali bagi guru, karena untuk mengetahui kekurangan guru dalam melaksanakan pembelajaran dan meningkatkan mutu pembelajaran guru dalam mengajar. Dalam satu semester biasanya guru disupervisi oleh kepala sekolah satu kali sesuai program beliau”. (3.W.PS.220216)
4
W.PS.220216
Peneliti
Apa teknik yang digunakan kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik?


Informan
“Dalam pelaksanaan supervisi teknik yang di gunakan kepala sekolah dengan cara melakukan kunjungan kelas…. Kemudian… observasi langsung dengan menggunakan alat observasi…”. (4.W.PS.220216)
5
W.PS.220216
Peneliti
Apa tujuan dari supervisi kunjungan kelas?


Informan
“Melalui kunjungan itu, kepala sekolah dapat mengetahui proses kegiatan, mungkinkah ada kesulitan yang dihadapi guru sewaktu KBM…. dalam kunjungannya kelas itu selain menggunakan instrumen supervisi juga mencatat hal-hal penting lainnya untuk pembinaan baik secara individu dan secara bersama-sama kalau itu bersifat umum”. (5.W.PS.220216)
6
W.PS.220216
Peneliti
Bagaimana evaluasi supervisi akademik kepala sekolah?


Informan
“Kepala sekolah selalu melakukan evaluasi supervisi akademik, e… dengan evaluasi  yang nantinya akan menindak lanjuti kekurangan yang ada pada guru, baik dalam kelengkapan perangkat pembelajaran maupun pelaksanaan KBM dengan melihat kemampuan menyampaiakan materi KBM”. Ada intstrumen yang harus dibawa oleh kepala sekolah dalam kegitan supervisi…” (6.W.PS.220216)
7
W.PS.220216
Peneliti
Bagaiman  tindak lanjut hasil evaluasi supervisi akademik kepala sekolah?


Informan
“hasil evaluasi sebagai laporan.. bahwa telah melakukan supervisi akademik, yang nantinya akan dilakukan identifikasi. Kemudian… dengan evaluasi atas temuan permasalahan dalam supervisi tersebut kepala sekolah melakukan pembinaan terhadapa guru-guru…” (7.W.PS.220216)
8
W.PS.220216
Peneliti
Apa yang menjadi kendala kepala sekolah dalam melakukan supervisi akademik?


Informan
“Yang menjadi kendala kepala sekolah antara lain adanya perasaan kurang nyaman jika di supervisi oleh kepala sekolah, kemudian beban tugas kepala sekolah yang cukup banyak, dua sekolah… ngga’ gemen-gemen itu… hal lain seperti mempersiapkan kelengkapan administrasi sekolah, laporan-laporan dan lain sebagainya….” (8.W.PS.220216)
9
W.PS.220216
Peneliti
Apa solusi kepala sekolah untuk mengatasi kendala tersebut?


Informan
“Solusi yang dilakukan kepala sekolah untuk mengatasi hambatan atau kendala di dalam pelaksanaan supervisi antara lain, membangun hubungan yang akrab kepada semua personil sekolah secara kekeluargaan, menjelaskan kembali program supervisi yang harus dilaksanakan, dan memberikan pengertian terhadap guru akan pentingnya supervisi”. (9.W.PS.220216)
10
W.PS.220216
Peneliti
Sejauh mana kepala sekolah melakukan pembinaan secara individu dalam kegiatan supervisi akademik?


Informan
“e… Sepertia tadi… selain kunjungan kelas…. Kepala sekolah melakukan pembinaan secara individu melalui rapat dewan guru yaitu membahas masalah-masalah proses pembelajaran yang harus dimiliki oleh guru sebelum mengajar…” (10.W.PS.220216)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...