Mesin Kalor Indonesia



Motor bakar stirling yang terkenal dengan sebutan Mesin stirling (ditemukan oleh Robert Stirling) adalah salah satu mesin kalor¹ beroperasinya mesin dengan tekanan udara panas ruang tertutup dalam tabung pembakaran. 

¹Mesin kalor adalah sebutan untuk alat yang berfungsi mengubah energi panas menjadienergi mekanik.

Perbedaan pembakaran Internal (dalam) seperti mesin motor, mesin mobil dll, dan pembakaran Eksternal (luar) seperti mesin stirling kita ini dengan memakai kompor yang berada diluar begitu juga dengan mesin UAP seperti lokomotif.

  • Mesin mobil misalnya, energi panas hasil pembakaran bahan bakar diubah menjadi energi gerak mobil
  • Tetapi, dalam mesin KALOR¹ yang berbahan kaleng ini, dari pengubahan energi panas ke energi mekanik hanya energi panas hasil pembakaran berasal dari api kompor yang diubah ke energi mekanik. Akhirnya energi mekanik putaran dari RODA GILA ini digunakan untuk menggerakkan generator listrik atau DINAMO.
  • Contoh lain adalah dalam mesin pembangkit tenaga listrik; batu bara atau bahan bakar lain dibakar dan energi panas yang dihasilkan digunakan untuk mengubah wujud air ke uap. Uap ini diarahkan ke sudu-sudu sebuah turbin, membuat sudu-sudu ini berputar. Akhirnya energi mekanik putaran ini digunakan untuk menggerakkan generator listrik

Keunggulan.

Dibandingkan dengan mesin pembakaran internal, mesin Stirling memiliki potensi untuk lebih efisien, lebih tenang, dan lebih mudah perawatannya.

Mesin stirling ini masuk ke kategori mesin dengan piston² tolak balik. Mesin stirling secara tradisional diklasifikasikan ke dalam mesin pembakaran eksternal atau oembakaran luar dengan kompor, meskipun panas bisa didapatkan dari sumber selain pembakaran seperti tenaga matahari.

¹Piston adalah sumbat geser yang terpasang di dalam sebuah silinder mesin, tetapi mesin stirling dari kaleng kita ini berupa membran karet tipis dari bahan balon udara.

Video 
Stirling En


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...