Visi, Misi dan Tujuan

(a) Visi, misi, dan tujuan lembaga
1) Visi MTs Banjir Embun adalah:
MENJADI MADRASAH ISLAMI YANG MANDIRI DALAM MENGHASILKAN SISWA UNGGUL, BERAKHLAK MULIA, DAN PEKA 
Dengan penjelasan:

Madrasah Islami;
Madrasah yang menerapkan nilai-nilai Islam ala ASWAJA baik dari segi simbol atau penampilan maupun penanaman nilai-nilai ke dalam semua mata pelajaran (integrasi) dan komponen Lembaga Madrasah.
Mandiri;
Tidak menggantungkan sumber pembiyaan secar penuh dari Dana BOS oleh Pemerintah dengan pemanfaatan sumber daya masyarakat dan Madrasah telah mampu beradaptasi secara mandiri dalam merespon fenomena dan kebutuhan masyarakat.
Siswa Unggul; 
Memiliki kemampuan dalam bidang pengembangan ilmu pengetahuan agama dan umum serta teknologi, memiliki karakter Islami yang dapat diterima oleh masyarakat, dan memiliki daya saing secara Nasional.
Akhak Mulia; 
Memiliki tingkah laku, tutur bahasa, tabiat, dan gerak-gerik sesuai dengan ajaran Islam yang dapat diterima oleh masyarakat umum.
Peka; 
Berempati dan bersimpati atas fenomena ganjil yang terjadi di masyarakat dengan ditindaklanjuti melalui usaha pemecahan permasalahan fenomena tersebut sehingga ilmu yang dimiliki dapat dimanfaatkan dalam dunia nyata.
Indikator Pencapaian Visi:
  1. Meningkatnya kualitas keislaman sumberdaya manusia tenaga kependidikan dan non kependidikan.
  2. Meningkatnya kualitas man ajemen sumberdaya manusia yang islami secara merata.
  3. Meningkatkan pendukung kegiatan pendidikan bernuansa islam.
  4. Pemanfaatan daya dukung kegiatan pendidikan dan non kependidikan secara efektif dan efisien.
  5. Meningkatkan prasarana pendukung kegiatan pendidikan dan non kependidikan.
  6. Kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan.
  7. Terselenggaranya kegiatan proses pendidikan secara tertib dan berkualitas.
  8. Terciptanya suasana pengembangan dan implemetnasi ilmu Pengetauan umum yang dilandaskan pada agama Islam.
2) Misi MTs Banjir Embun
Untuk mewujudkan visi MTs Banjir Embun maka misi MTs Banjir Embun adalah sebagi berikut:
a) Misi Umum: 
Melaksanan Pembelajaran Islami yang integratif dan Pengabdian berbasis pada kegiatan keagamaan di Masyarakat
b) Misi Khusus:
  1. Meningkatkan kegiatan pendidikan yang islami dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Berdaya saing dengan MTs SeKabupaten Banjir, beridentitas Islam serta membangun sosio-budaya Indonesia.
  3. Menuntaskan MTs Banjir Embun menjadi Madrasah yang mandiri dan mempunyai tata kelola yang baik.
  4. Mengembangkan kualitas sumberdaya manusia tenaga kependidikan dan non kependidikan.
  5. Mengembangkan manajemen sumberdaya manusia yang proporsional dan profesional
  6. engembangkan sumber daya pendukung kegiatan kependidikan. 
  7. emanfaatkan sumberdaya pendukung kegiatan pendidikan dan non kependidikan secara efektif dan efisien.
  8. engembangkan prasarana pendukung kegiatan pendidikan dan non kependidikan.
  9. Melengkapi sarana dan prasarana pendidikan
  10. Menyelenggarakan kegiatan proses pendidikan secara tertib dan berkualitas.
3) Tujuan MTs Banjir Embun
a) Tujuan utama (inti)
  1. Menjadi madrasah menghasilkan siswa yang cinta ilmu pengetahuan agama Islam dan Ilmu pengetahuan umum.
  2. Menjadi Madrasah yang mandiri dan bertata kelola baik 
b) Tujuan akhir 
  1. Terbentuknya budaya kerja, sikap amaliah Islami baik guru maupun siswa.
  2. Siswa terampil melakukan dan memimpin ibadah harian. 
  3. Siswa menguasai informasi dan teknologi dengan baik dan benar 
(b) Wawasan Lembaga sepuluh tahun ke depan
     Berdasarkan semua Sumber Daya atau potensi yang dimiliki oleh MTs Banjir Embun dan perkiraan-perkiraan yang akan terjadi di masyarakat sepuluh tahun yang akan datang maka dapat kami paparkan ke dalam pokok-pokok pembahasan di bawah ini:
  1. MTs Banjir Embun diperkirakan dalam jangka waktu 10 tahun yang akan datang memiliki peningkatan Sumber Daya yang bersifat fisik maupun Sumber Daya yang bersifat non Fisik seperti pertambahan luas Tanah wakaf yayasan, pertambahan peserta didik, pertambahan tenaga bantu kependidikan, peningkatan hubungan kerja sama dengan masyarakat, peningkatan jumlah gedung, peningkatan mutu pendidikan, dan mengadakan perkembangan kurikulum sesui dengan UU pemerintah serta kebutuhan masyarakat sekitar.
  2. Karena diperkirakan terjadi peningkatan jumlah peserta didik maka diperlukan untuk merekrut personel tenaga pendidikan yang punya kompetensi sesuai dengan Ijazah yang dimiliki. Perekrutan dilakukan dengan penyeleksian ketat, terbuka, dan dapat dipertanggung jawabkan.
  3. Karena masyarakat Ngancar masih buta dalam menggunakan teknologi computer maka perlu bagi MTs Banjir Embun untuk menambah beberapa unit komputer menyesuaikan dengan biaya dan jumlah peserta didik (per komputer dipegang oleh 5 siswa).
  4. Karena minimnya generasi masyarakat Ngancar yang cakap dalam memimpin peribadahan serta kegiatan keagamaan maka MTs Banjir Embun melakukan penyeleksian kemampuan peserta didik dalam bidang agama kemudian mengadakan pelatihan seperti membaca qur’an, memimpin tahlil, istighosah dan lainnya secara mendalam sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa.
  5. Karena masih rapuhnya serta minimnya kesadaran moralitas masyarakat Ngancar tentang pentingya agama, etika, dan budaya ketimuran maka MTs Banjir Embun akan mengadakan kegiatan Sholat Dhuha setiap hari yang diadakan ceramah 5 menit sesudahnya kemudian membirak ruang gerak kreativitas peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan agama dan moralitasnya melalui media seperti buletin, mading, atau media lain yang dimungkinkan.
(c) Wawasan Global
     Isu-isu Global tentang pendidikan dan kebudayaan yang berkembang saat ini adalah adanya jaringan kerjasama pertukaran mahasiswa atau pelajar, pertukaran mahasiswa atau pelajar untuk mendalami dan meneliti tentang kebudayaan, dan beasiswa terbuka oleh negara-negara maju untuk negara-negara berkembang. Melesatnya modernisasi beserta produk-produknya yang berdampak pada berubahnya tata kehidupan serta gaya hidup masyarakat global merupakan fenomena menarik sekaligus tantangan bagi dunia pendidikan khususnya bagi pendidikan dasar (SD dan SMP). Walaupun sekarang ini era Globalisasi secara penuh tanpa batas sudah hanya terjadi di dunia maya (internet) tapi tidak menutup kemungkinan juga akan terjadi di dunia nyata. Sebuah masyarakat atau negara akan melakukan persaingan secara terbuka dan bebas sehingga negara yang memiliki kemampuan yang lemah atau minim tenaga ahli akan didominasi oleh tenaga ahli dari negara asing. Oleh karena itu MTs Banjir Embun berupaya menghasilkan peserta didik yang mampu menguasi teknologi informasi serta mampu memenfaatkan di jalan yang benar untuk kemanfaatan bersama dan mampu menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar. 
(d) Wawasan Nasional
     Isu-isu Nasional yang berkembang mengenai pendidikan dan kebudayaan sekarang ini adalah pendidikan inklusi dengan mengakomodir keberagaman peserta didik dalam satu kelas reguler. Isu lain yang terpenting sekarang ini adalah adanya tren pendidikan Nasional untuk mecetak guru yang produktif dalam menulis karya ilmiah, produktif dalam meneliti, dan tindak lanjut yang tegas bagi penjiplak (plagiarisme). Isu-isu yang menjadi sorotan Nasional tentang permasalahan serta perkembangan pendidikan, budaya, dan moralitas bangsa yang memboming melaui media elektronik dan media cetak akan ditindak lanjuti oleh MTs Banjir Embun dengan cara memfilter informasi tersebut untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan lembaga dalam upaya merespon isu tersebut. Diantar isu-isu yang berkembang akhir-akhir ini adalah tentang kebiasaan tawuran siswa, arisan PSK oleh siswa, adanya kurikulum baru pada tahun 2013, dan isu tentang sertifikasi. Berdasarkan fenomena tersebut maka MTs Banjir Embun akan selalu mengontrol kebiasaan perilaku peserta didik terutama saat di lingkungan madrasah dan selalu menanamkan nilai-nilai moral islam yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
(e) Wawasan Regional
     Propinsi Jawa Timur merupakan propinsi yang sangat unik terutama di wilaya pulau jawa. Keunikan-keunikan yang dimiliki oleh Jawa Timur dan tidak dimiliki oleh propinsi lain adalah Jawa Timur Jawa timur memiliki jumlah PONPES dari yang salafi hingga modern dengan jumlah yang sangat banyak, Jawa Timur dari segi kultur budaya memiliki budaya yang heterogen, memiliki jumlah suku serta logat (intonasi) bahasa daerah yang heterogen, dan secara geografis wilayah Jawa Timur memiliki luas yang terbesar diantara propinsi lain di pulau jawa. Maka dengan itu MTs Banjir Embun berupaya mengahsilkan peserta didik yang cakap dan ahli di bidang memraktekan ilmu kemasyarakatan, memraktekan ilmu dakwah, dan memraktikan nilai-nilai Islam yaitu sebagai agama yang rahmatallilalamin.
(f) Wawasan Lokal
     Kabupaten Banjir merupakan Kabupaten yang mengutamakan pembangunan fisik yang ditujukan untuk mengembangkan pariwisata, penganggaran pembangunan di bidang pariwisat terus mengalami peningkatan dari tahun ke Tahun. Hal ini juga terjadi di area Wisata Gunung Banbun sehingga merangsang masyarakat sekitar untuk aktif menggerakkan ekonomi terutama dalam bidang perdagangan untuk memfasilitasi wisatawan Gunung Banbun. Maka dalam hal ini MTs Banjir Embun akan mengambil peran dalam mengadakan kerjasama dengan masyarakat untuk melatih peserta didik mendalami ilmu peronomian dan kepariwisataan secara praktis (terjun ke lapangan).

Kembali ke PENDAHULUAN lihat disini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...