Khalifah

Khalifah ialah Kepala Negara atau pimpinan bangsa. Sebanyak negara, sebanyak itu pula Khalifah dan sebanyak itu pula lingkungan daerah hukum yang perincian hukumnya berbeda sesuai dengan keadaan masing-masing bangsa dan daerah yang didiami, namun semuanya haruslah memiliki hukum prinsipil berdasarkan hukum yang ALLAH turunkan untuk menjamin kemakmuran dan kebahagiaan hidup dunia Akhirat.

Terhadap ke luar, pemimpin bangsa itu dinamakan Khalifah, sedangkan untuk ke dalam dia dinamakan Ulil Amri

Setiap Khalifah pastilah berfungsi Ulil Amri di antara bangsanya, tetapi bukanlah setiap Ulil Amri berjabatan Khalifah selaku Kepala Negara, karena Ulil Amri mungkin saja Kepala jawatan atau kepala kantor ataupun seorang dari menteri-menteri dalam suatu negara. 

Kini jelaslah perbedaan antara Khalifah dan Ulil Amri yang keduanya adalah istilah berasal dari Alquran.

1 komentar:

  1. ...

    Pendapat dari salah satu dari Ahlinya ahli... Intinya inti... Core of the core...
    mungkin... ini masih memberi angin SEGARrr bagi kemungkinan mnghendaki adanya seorang SUPER Khalifah di antara orang Islam SEDUNIA walaupun menurut pendapatnya tidak mungkin terjadi...!!

    Ahlinya ahli.... mengungkapkan bhwa:
    Untk menciptakan suatu prsatuan politik Islam yng benar* efektif... harslah pertama-tama semua negeri Islam itu menjadi MERDEKA...., dan kemudian mereka dlam keseluruhannya harus berjejer di bawah seorang KHALIFAH...!!

    Adakah hal seperti itu mungkin di masa sekarang ini...? Jika tidak mungkin sekarang, kita haruslah menunggu....!! 😅😅😅

    Sementara Khalifah itu kembali mengatur rumahnya sendiri dlam meletakkan dasar bgi suatu negara modern yang dapat mnjalankan RODA PEMWRINTAHAN.

    Dalam dunia internasional skarang si lemah tidaklah mendapat simpati, hanya kekuasaan dgn MONY-POLITIC sajalah yang berhak dihormati..... wiuww..

    😁😁😁

    BalasHapus

Over View

PERTUMBUHAN ILMU-ILMU ISLAM DI MADRASAH

(Nana Masrur) Kompetensi Dasar : Mampu Menguraikan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam di Madrasah Indikator : Madrasah dan Perkemb...